Menu

Latest Research

Test Darah Memantau Kambuhnya Kanker Payudara

Para ahli dari ECOG-ACRIN Cancer Research Group, Philadelphia, Amerika Serikat telah memastikan bahwa pemeriksaan darah sederhana yang dilakukan untuk mendeteksi adanya sel kanker di dalam darah dapat digunakan untuk memonitor risiko kambuhan kanker payudara pada seorang pengidap kanker yang telah dinyatakan sembuh. Kabar gembira ini telah diumumkan saat berlangsungnya simposium tahunan Kanker Payudara ke-40 yang diselenggarakan di San Antonio, akhir tahun 2017 lalu.

Kesimpulan ini dibuat para peneliti ECOG-ACRIN setelah melakukan test CTC pada 547 responden yang telah dinyatakan bebas dari kanker payudara setidaknya selama 5 tahun. CTC adalah sejenis pemeriksaan darah sederhana yang digunakan untuk mengukur banyaknya sel tumor yang bersirkulasi di dalam darah. Hasil test CTC 5% responden tersebut ternyata positif, dan diketahui 35% di antara mereka mengalami kambuhan kanker payudara setidaknya 2 tahun kemudian. Sedangkan kejadian serupa hanya terjadi 2% pada responden yang memiliki hasil test CTC negatif.

Tujuan utama penerapan test CTC adalah untuk merencanakan proses pengobatan dan memperkecil kemungkinan kambuhnya kanker payudara. Saat ini test CTC telah disetujui pihak yang berwenang di Amerika untuk diterapkan pada pasien kanker usus dan porstat tahap lanjut.

Related Articles