Menu

Sex

PMS Atau Bukan Sih?


Kondisi PMS ini memang gak nyenengin, bencandaan biasa aja bisa bikin marah. Gak heran jika akhirnya kalo pas lagi gak mood, kalopun gak PMS, sering disangka PMS kan. Bahkan anak cowok pun sering becandain sesama temen mereka yang lagi grumpy dengan cara itu. “Napa sih, loe? Lagi PMS ya?” Kayaknya kok jadi lucu? So gimana ngebedain PMS yang beneran dan yang gak? 

Cara nentuin PMS

  • Gejala menjelang menstruasi selalu terjadi beberapa saat sebelum menstruasi, so cara paling mudah memastikannya dengan nyatet tanggal menstruasimu.
  • Tandain juga, kualitas PMS-mu. Apakah parah banget, biasa aja, atau sangat ringan? Jadi kalo ada gejala yang gak biasa, kamu bisa segera alert.
  • Pastikan PMS hanya berlangsung antara 10 hingga 3 hari sebelum menstruasi. Bisanya PMS akan segera hilang setelah menstruasi berlangsung. Atau paling lama, pada hari kedua saat menstruasi. 

Perlu waspada jika...

Gejala mudah tersinggung atau nyeri kamu rasakan sepanjang bulan. Ini berarti kamu lagi gak sehat. Setelah melewati masa puber, mestinya kondisi hormon reproduksi dah lebih seimbang, sehingga kamu gak sering ngalamin gejala- gejala ini di luar masa PMS. So, kalo ngalamin kondisi seperti ini sebaiknya segera alert, dan ajak mama menemanimu ke dokter.

Related Articles