Menu

Sex

Menstruasi Perdarahan Berat yang Tidak Biasa

Perdarahan Berat Yang Tidak Biasa

 

Di antara hari-hari menstruasi, biasanya cewek mengalami perdarahan yang lebih banyak - dkenal sebagai heavy flow - dibandingkan biasanya. Umumnya mengalami 2 -3 hari. Tapi bisa lebih tergantung kondisi fisik setiap perempuan. Kondisi ini terkategori sangat wajar. 

Sekalipun heavy flow saat menstruasi ini wajar, sebaiknya waspada jika perdarahan cenderung lebih banyak dibandingkan umumnya yang Anda alami. Gejala perdarahan lebih banyak dibandingkan heavy flow ini dalam dunia kesehatan dikenal sebagai menorrhagia

Menorrhagia pada dasarnya disebabkan oleh ketidakseimbangan kadar hormon reproduksi, atau adanya gangguan fisiologis di organ reproduksi seperti polip, yang harus ditangani segera. Ada pun gejala heavy flow yang tidak normal dan harus diwaspadai itu adalah:

  • Heavy flow berlangsung lebih dari 7 hari pada satu masa menstruasi
  • Harus mengganti pembalut lebih dari 7 kali dalam sehari
  • Perdarahan yang terjadi relatif banyak sehingga menyebabkan anemia dengan gejala kelelahan
  • Mengalami gejala kram perut yang sangat menyiksa. Perdarahan berat dapat memicu kontraksi rahim yang sangat intens, sehingga terjadi kram
  • Darah menstruasi mengandung darah beku yang besar dalam jumlah relatif banyak.

Jika kamu mengalami dua dari gejala yang dijelaskan di atas; sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Jika dibiarkan berlama-lama maka menorrhagia akan berdampak pada gangguan kesehatan umum juga reproduksi yang lebih serius. 

 

Related Articles