Menu

Latest Research

Pengidap Polycystic Ovary Syndrome Rentan Alami Depresi

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS), adalah salah satu gangguan hormon reproduksi pada perempuan, yang sangat umum terjadi. Para ahli menemukan, pengidap PCOS berisiko tinggi mengalami gangguan kesehatan mental, seperti Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) dan Autism Spectrum Disorder (ASD), juga depresi. Penjelasan ini dilansir the Endocrine Society's Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism edisi awal 2018.

Saat ini diketahui bahwa 7 hingga 10% perempuan berusia produktif mengidap PCOS. Kondisi ini menyebabkan ketidaksuburan dan memicu peningkatan produksi hormon lelaki sehingga berdampak pada gangguan mental, ketidakteraturan menstruasi, pertumbuhan rambut tubuh, peningkatan berat badan dan jerawat.

Kesimpulan ini didapatkan setelah para peneliti dari the Neuroscience and Mental Health Research Institute di Cardiff University, Wales, Inggris; menelusuri catatan kesehatan mental hampir 17.000 responden perempuan yang didiagnosis mengidap PCOS. Penelitian ini memanfaatkan data dari the Clinical Practice Research Datalink (CPRD), database yang berisi catatan untuk 11 juta pasien yang dikumpulkan dari 674 klinik di Inggris.

Jika dibandingkan dengan perempuan yang tidak mengalami PCOS, setelah dibandingkan usia dan indeks masa tubuh, para peneliti menemukan bahwa pengidap PCOS terdeteksi mengalami gangguan mental, termasuk depresi, kecemasan, bipolar dan gangguan makan.

Anak yang lahir dari ibu pengidap PCOS diketahui juga berisiko mengidap ADHD dan ASD. Penelitian ini menyarankan agar perempuan yang mengidap PCOS diperiksa kesehatan mentalnya untuk memastikan mereka mendapatkan penanganan yang tepat demi perbaikan kualitas hidup.

Aled Rees, M.B.B.Ch., Ph.D., F.R.C.P salah seorang peneliti yang menuliskan laporan penelitian tersebut mengatakan bahwa hasil penelitian ini akan membantu dokter meningkatkan kewaspadaan dan mendeteksi dini risiko gangguan mental, dan memberikan penanganan tepat yang dibutuhkan pasien.

Related Articles