Menu

Sex

Nyeri Saat Menstruasi Pertama

 

Nyeri menstruasi pertamaUmumnya cewek memang ngalamin nyeri saat menstruasi pertama menstruasi. Hal ini terjadi karena untuk pertama kalinya otot perut berkontraksi mengeluarkan darah menstruasi dari dalam rahim. Kontraksi otot menyebabkan ketegangan, dan seperti umumnya hal yang pertama, karena belum terbiasa; terasa nyeri!

Untungnya kondisi nyeri ini tidak terjadi berlama-lama; rata-rata mengalaminya hari pertama dan kedua. Selain itu, ada cara praktis untuk meredakan rasa nyeri ini:

  • Tetap aktif. Lakukan olahraga ringan agar otot-otot perut dan rahim melentur, tidak tegang. Jika otot lentur, maka perlahan-lahan nyeri akan mereda.
  • Mandi dengan air hangat, atau kompresan hangat di bagian perut yang nyeri bisa melemaskan otot sehingga nyeri pun berkurang
  • Manjakan diri. Minum secangkir teh hangat, mendengarkan musik lembut, atau lilin aromaterapi, bisa membuatmu merasa lebih baik
  • Konsumsi obat. Pilihlah obat pereda nyeri yang khusus dibuat untuk mengatasi nyeri menstruasi. Konsumsi obat sesuai aturan yang tertera pada kemasan, sehingga obat berfungsi optimal.

 

Cobalah salah satu atau beberapa cara di atas untuk meredakan nyeri menstruasimu. Tetapi jika tidak membaik, segera beritahu mama dan minta diajak ke dokter ya.

Related Articles