Kanker Serviks Dipicu Oleh Pembalut?

 

Menstruasi - Kanker Serviks Dipicu PembalutKesadaran perempuan terhadap kesehatan diri sendiri, kian meningkat belakangan ini. Berbagai gangguan kesehatan reproduksi menjadi bahasan menarik. Dimulai dari keterlambatan menstruasi, keputihan, hingga kanker payudara dan kanker serviks. Hal yang terakhir belakangan hari jadi  topik hangat, karena kabar yang tersebar: Pembalut mengandung pemutih (chlorine) dapat memicu kanker serviks. Waaah... isyu sensitif.

Pemicu kanker serviks
Hingga saat ini para peneliti di bidang kesehatan memastikan bahwa kejadian kanker serviks atau kanker leher rahim itu 99.7% disebabkan oleh Human Papiloma Viruses, atau sering disingkat menjadi HPV. Dipastikan bahwa virus itu hanya berpindah dari satu orang ke orang lain, melalui hubungan seksual. Belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa paparan zat kimia tertentu dari luar tubuh atau pemakaian pembalut dapat memicu kanker serviks.

Jadi, siapa yang berisiko?
Sekarang kita sudah tahu, bahwa penyebaran virus kanker serviks itu hanya terjadi melalui hubungan seksual. Jadi, semua perempuan yang telah melakukan hubungan seksual berisiko mengalami kanker serviks. Tetapi jangan cemas, para peneliti telah berhasil menemukan cara deteksi kanker serviks yang dikenal dengan nama Pap Smear. Tes ini wajib dilakukan setahun sekali oleh perempuan yang telah aktif secara seksual. Sedangkan untuk mencegah kanker serviks pada perempuan yang telah melakukan hubungan seksual, setiap kali sehabis Pap Smear dan dinyatakan negatif, perlu segera dilakukan vaksinasi HPV.

Pembalut yang aman
Kembali pada isyu bahwa pembalut yang mengandung kaporit memicu kanker serviks maka sangat tergantung pada proses pembuatan pembalut itu sendiri. Hal yang perlu dipahami bahwa pembalut yang dipasarkan di Indonesia sangat beragam, dan setiap merk pembalut memiliki proses pembuatan yang berbeda. Satu hal yang pasti adalah sebelum akhirnya dipasarkan, pembalut harus mendapatkan ijin Kementrian Kesehatan RI, setelah sebelumnya melewati serangkaian pengujian.

Tahapan pengujian tersebut dilakukan mulai dari pemeriksaan bahan baku, proses pembuatan, hingga pengemasan. Setelah lolos uji, produk pembalut akan mendapatkan no registrasi yang berarti juga jaminan pemerintah pada konsumen bahwa produk pembalut tidak membahayakan kesehatan. No registrasi kemudian dicantumkan di setiap kemasan, dengan tulisan “DEPKES RI AKD/AKL”. Jadi hal terpenting yang harus dipastikan saat membeli pembalut adalah mencari no registrasi itu.

Satu lagi hal penting... sebagai merk pembalut yang selama ini care pada masalah kesehatan reproduksi konsumennya, Laurier punya no registrasi dari Departemen Kesehatan itu, tercantum jelas dan mudah ditemukan di kemasan. Proses pembuatan Laurier pun tidak menggunakan kaporit atau Chlorine gas sehingga tidak menimbulkan Dioxin yang diisyukan memicu kanker serviks. Produk Laurier baik di Asia termasuk di Indonesia, AMAN digunakan dan tidak menggunakan bahan yang membahayakan kesehatan. Pembelian material produk Laurier dilakukan di Jepang untuk semua Negara termasuk untuk Indonesia dengan spesifikasi dan grade yang sama. Thats because Laurier love you, girls. But most of all... kalian harus lebih care pada diri sendiri... please keep virgin, to be healty ya girls...

Related Articles

Reproductive Health

Kisah Sepanjang Siklus Menstruasi

Sepanjang siklus menstruasi, di dalam tubuh perempuan ada 4 fase yang terjadi. Baca penjelasan lengkapnya di sini

Fact of Period

Fact of Period

Setiap wanita akan mengalami menstruasi kurang lebih sebanyak 400 kali, sejak wanita tersebut mendapatkan menstruasi pertama, selama hidupnya!

Sex

Pertumbuhan Payudara

Payudara yang kian berbentuk adalah salah satu gejala paling jelas cewek memasuki masa puber.

Sociolife

Ditaksir Cowok yang Kamu Gak Suka

Bukan bermaksud memilih. Tapi kan perasaan gak ada yang bisa ngatur. Kita pun harus jujur sama diri sendiri.

Thin is In!

Laurier Super Slimguard, berdaya serap cepat. Meski hanya 1mm, menyerap lebih banyak dan kering. Menakjubkan! Jadikan Laurier Super Slimguard pilihanmu.

Match meter

Match Meter

Girls, cari tahu fashion style kamu di sini, biar makin mantep saat dandan dan tampil prima, karena tahu karakter dirimu.

Catalogue

Catalogue

Laurier untuk siang dan malam. Tipis dan berdaya serap tinggi. Aman dan aktivitas jadi tak terganggu.

ask dr. Laurier

Jangan ragu bertanya pada dr. Laurier

Ingin tahu seputar kesehatan reproduksi dan masalah menstruasi yang kamu alami? Dapatkan jawabannya langsung ke email kamu

Fact of Period

Monthly Basic

Setiap wanita akan mengalami menstruasi kurang lebih sebanyak 400 kali, sejak wanita tersebut mendapatkan menstruasi pertama, selama hidupnya!

Health Dictionary

Know Them Well

A - Z istilah kesehatan perempuan, yang perlu diketahui.

Best Friend Reward

Easy to Get

Siapa cepat, dia dapat! Ungkapan cinta Laurier pada para sahabat.

Zodiac

Aries

Pacar cuek memang bikin gemes. Coba bilang terus terang agar dia langsung mengerti maumu.

Happy Friends

Ivone Christin Rosalina, Jakarta

Nyaman dipakai dan membuat aku selalu percaya diri kemanapun saat menstruasi,