Mitos Seputar Menstruasi

 

Nasehat kuno memang tak bisa begitu saja disalahkan. Pasalnya, mitos dalam masyarakat bisa muncul dan berkembang biasanya disebabkan karena penyampaian informasi yang kurang tepat, kurang lengkap bahkan kadang terlalu berlebihan.

Hal inilah yang akhirnya menimbulkan sikap antipati, defensif bahkan diskriminasi pada situasi tertentu. Nah, salah satu yang sampai sekarang masih dipercayai oleh masyarakat adalah mitos tentang menstruasi. Penasaran ingin tahu fakta sebenarnya dibalik mitos-mitos tersebut? Berikut ini catatannya:

Menstruasi membuat tubuh menjadi lemah.
FAKTA: Hasil penelitian menyebutkan bahwa darah menstruasi yang keluar banyaknya kira-kira hanya 50-150 mililiter atau sekitar empat sampai enam sendok saja. Jadi tidak benar kalau tubuh akan menjadi lemas hanya karena Anda sedang menstruasi.

Sedang menstruasi = sedang sakit
FAKTA: Justru sebaliknya, menstruasi adalah proses alami yang dialami oleh setiap wanita produktif. Menstruasi berarti wanita tersebut sehat dan sistem reproduksinya bekerja dengan normal sebagaimana mestinya.

Ingin menstruasi lancar? Sering-seringlah minum soft drink
FAKTA: Banyak yang percaya selain dapat memperlancar keluarnya darah, minum soft drink juga dapat mengurangi rasa sakit perut. Sebenarnya belum ada penelitian khusus mengenai hal ini. Sakit tidaknya perut saat menstruasi atau lancar tidaknya darah menstruasi yang keluar semua itu dipengaruhi oleh hormon serta faktor psikis seseorang.

Memakai pembalut saat menstruasi bisa menyebabkan kemandulan.
FAKTA: Secara medis justru pembalut merupakan metode perawatan selama masa menstruasi agar tetap bersih dan tidak lembab. Pada dasarnya semua pembalut itu sehat, tetapi sebagian perempuan ada juga yang mengalami alergi dan iritasi. Hal ini tergantung dari sensitivitas organ kelamin perempuan yang masing-masing orang berbeda. Disarankan agar saat menstruasi untuk sesering mungkin mengganti pembalut (idealnya setiap 4 jam) terutama ketika sedang banyak-banyaknya keluar darah haid dan setelah buang air kecil atau besar.

Saat menstruasi dilarang berenang
FAKTA: Selama memakai pembalut dan tidak merasa risih, berenang saat menstruasi boleh-boleh saja dilakukan. Dan ini sama sekali tidak berpengaruh pada kesehatan. Sebagai saran, jika perut merasa kram, barulah hentikan aktifitas berenang.

Haid yang normal berlangsung seminggu
FAKTA: Tentu saja pendapat ini salah! Setiap wanita pasti memiliki masa haid yang berbeda dan tidak selalu harus tujuh hari. Wanita yang memiliki masa haid tiga, empat atau lima hari masih dianggap normal.

Jangan minum es saat menstruasi
FAKTA: Sesungguhnya air dingin tidak memiliki efek apapun saat menstruasi. Terutama efek menghambat aliran darah. Selama tidak merasakan sakit ataupun perut kembung, minum air es sah-sah saja kok…

Bagaimana, masih percaya mitos?  

Related Articles

Reproductive Health

Agar Emosi Tak Labil Saat Menstruasi

Kunci utama dalah menciptakan kondisi bebas stres sehingga tetap terkendali menjelang menstruasi.

Fact of Period

Fact of Period

Setiap wanita akan mengalami menstruasi kurang lebih sebanyak 400 kali, sejak wanita tersebut mendapatkan menstruasi pertama, selama hidupnya!

Sex

Membersihkan Vagina di Saat Menstruasi

Sensasi lembap saat menstruasi cenderung membuat kita ingin membersihkan area vagina. Boleh saja, tapi lakukan dengan benar.

Sociolife

Tak Cocok Lagi

Merasa terperangkap dengan teman bermain semasa kecil, padahal sudah tak cocok? Jangan diabaikan, sebaiknya segera diselesaikan masalahnya.

Thin is In!

Laurier Super Slimguard, berdaya serap cepat. Meski hanya 1mm, menyerap lebih banyak dan kering. Menakjubkan! Jadikan Laurier Super Slimguard pilihanmu.

Match meter

Match Meter

Girls, cari tahu fashion style kamu di sini, biar makin mantep saat dandan dan tampil prima, karena tahu karakter dirimu.

Catalogue

Catalogue

Laurier untuk siang dan malam. Tipis dan berdaya serap tinggi. Aman dan aktivitas jadi tak terganggu.

ask dr. Laurier

Jangan ragu bertanya pada dr. Laurier

Ingin tahu seputar kesehatan reproduksi dan masalah menstruasi yang kamu alami? Dapatkan jawabannya langsung ke email kamu

Fact of Period

Monthly Basic

Setiap wanita akan mengalami menstruasi kurang lebih sebanyak 400 kali, sejak wanita tersebut mendapatkan menstruasi pertama, selama hidupnya!

Health Dictionary

Know Them Well

A - Z istilah kesehatan perempuan, yang perlu diketahui.

Best Friend Reward

Easy to Get

Siapa cepat, dia dapat! Ungkapan cinta Laurier pada para sahabat.

Zodiac

Taurus

Daripada bosen, mending beresin kamar. Agar rapi dan kamu betah belajar untuk UAS, girl!

Happy Friends

Ivone Christin Rosalina, Jakarta

Nyaman dipakai dan membuat aku selalu percaya diri kemanapun saat menstruasi,