Menu

Sex

Menstruasi Makna Darah Menstruasi

Makna Darah Menstruasi

Sejak pertama menstruasi, kita cenderung mengalami kondisi yang berbeda-beda. Wajar jika kemudian banyak yang bertanya-tanya. Ini adalah 4 kondisi yang paling sering dialami.

Mengapa warna darah menstruasi berbeda, kadang merah kadang kecokelatan? Darah yang langsung keluar dari rahim, biasanya berwarna lebih cerah. Sedangkan darah yang tertahan lebih lama di dalam saluran vagina, karena menempel pada dinding saluran vagina, terlihat lebih gelap. 

Jika tiba-tiba darah menstruasi mengalir deras, apakah ini menandakan penyakit? Belum tentu. Hal ini bisa saja terjadi karena tubuh sedang tidak fit, atau karena perubahan pola hidup; kelelahan, kurang tidur malam, atau karena stres.

Mengapa ada yang mengalami bercak-bercak sebelum menstruasi? Hal ini sangat mungkin dialami ketika kadar hormon estrogen di dalam tubuh turun. Biasanya terjadi pada masa subur. Hal ini sangatlah wajar, tetapi jika menimbulkan kecemasan karena disertai gangguan kesehatan lain, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Wajarkah ada gumpalan darah saat menstruasi? Sangat wajar. Ketika seorang perempuan mengalami menstruasi, bukan hanya darah yang dikeluarkan, melainkan juga selaput dinding dalam rahim dari siklus reproduksi yang lama dibersihkan. Zat inilah yang seringkali tidak hancur ketika keluar melalui saluran vagina

 Jadi jika mengalami hal-hal seperti di atas, jangan panik lagi ya girls. Tetapi jika ada masalah lain yang belum terjawab, jangan ragu bertanya pada dr. Laurier ya.

Related Articles