Menu

Sociolife

Liburan Bareng Temen, Siapa Takut?!

Nyiapin liburan tentunya nyenengin banget. Tapi kita gak cuma nyiapin tiket, booking hotel tempat nginep dan pakaian atau keperluan pribadi lain. Nyiapin liburan berarti kita siapin semua rencana dari A-Z biar kita tetap aman dan bisa nikmatin liburan. Lebih-lebih lagi, kalo kita liburan sama teman, alias ortu gak ikutan. Kalo dijinin ortu liburan bareng teman, berarti mereka percaya sama kita. Buktiin yuk kalo kita bisa dipercaya, dan mengatur semua kebutuhan liburan. Ini langkah-langkahnya:

  • Gandain semua dokumen. Buat sebanyak mungkin salinan tiket, dan kartu identitas, juga alamat hotel. Berikan salinan pada mama-papa di rumah, kemudian simpan satu di hotel, pisahkan dari dokumen yang asli. Masukkan dokumen yang asli ke dalam deposit box yang biasanya tersedia di hotel, atau titipkan pada resepsionis, dan masukkan satu salinan di dalam tas yang kamu bawa-bawa. Dengan cara ini, kamu selalu memiliki cadangan informasi yang dibutuhkan sewaktu-waktu, namun dokumen yang asli tetap aman.
  • Money matters. Liburan sendiri, berarti juga harus mengatur pengeluaran sendiri. Biasanya sih, urusan belanja-belanji dan pilihan makanan yang bikin runyam karena harus diatur sesuai uang saku. Karena kamu pergi tanpa ortu, ada baiknya uang sakumu dimasukkan ke dalam tabungan yang yang memiliki kartu ATM. Selanjutnya, pastikan kamu tahu kebutuhan harian dan siapin uang tunai untuk kebutuhan harian. Boleh siapkan cadangan dana untuk keperluan mendadak. Pisahkan keduanya, simpan di tempat yang berbeda. Misalnya uang untuk keperluan harian dimasukkan ke dalam dompet, dan uang cadangan disimpan di dalam laci tas yang lain. Lalu kartu ATM gimana? Simpan kartu ATM di dalam kotak deposit atau dalam kopermu yang terkunci di hotel. Jangan dibawa-bawa.
  • Kasih kabar rutin. Kalo liburanmu bersama sahabat adalah liburan pertama tanpa ortu, gak heran dong kalo mereka ngingetin kamu pada hati-hati, dan waspada. Males kan kalo sampe kejadian ditelpon melulu... gak asyik.  So, caranya, sebelum kamu ditelpon, lebih baik kamu update mereka lebih dulu. Selain ngasih perincian rencana kamu dan sahabat selama liburan, coba deh tiap pagi sebelum mulai seru-seruan kamu call atau kirim SMS pada bonyok. Ceritain kamu bakal ngapain hari itu. Lalu pas udah sorean dikit, atau kalo kamu dah nyampe hotel, kabari lagi bahwa kamu dan teman-teman dah selesai seru-seruan, dan sekarang dah manis-manis di hotel. Yakin deh, kalo kamu konsisten ngelakuinnya sejak hari pertama, ortu pasti tenang dan gak rese.
  • Cermat milih bawaan. Gak perlu bawa atau pakai perhiasan yang asli dan mahal (atau terlihat mahal) juga banyak uang cash karena hal ini akan menarik perhatian orang yang ingin mencelakakan kita. Pas lagi jalan-jalan, tinggalin benda-benda mahal seperti; iPad atau notebook di kamar hotel dalam koper terkunci. Kalo kamu bawa kamera, handphone atau iPod pastiin kamu mengawasinya secara benar, agar tidak hilang, kecopetan, atau tertinggal. Sayang aja kan, kalo kehilangan benda berharga saat seru-serunya liburan, pasti bete.  

Udah lengkap nih kayaknya panduan liburan aman untukmu. Selamat bersenang-senang, jangan pula bikin banyak foto yang seru, biar bisa diupload ke account soc med-mu, dan jadi kenangan yang manis... Have a fun and save trip, gals!

Related Articles