Menu

Sociolife

Trik Memilih Teman Belajar

Punya teman belajar tentunya menyenangkan. Mengerjakan tugas bisa diatur dan berbagi, sehingga tidak terasa berat. Tetapi, memilih teman belajar ada triknya; salah pilih kita justru bisa "kebebanan". Yuk coba pilih baik-baik.

  • Teman baru. Belajar bersama sebenarnya cara paling baik untuk mengenal teman baru. Bisa saja teman belajarmu adalah seseorang yang kamu kenal karena aktivitas di sekolah, yang sebenarnya ingin kamu jadikan teman, dan bukannya sahabatmu.
  • Sahabat belum tentu tepat. Bisa jadi, kamu dan sahabat memiliki pola belajar berbeda. Sahabatmu mungkin lebih santai, dibandingkan kamu yang selalu ingin segera mengerjakan tugas hingga tuntas. Jadi tak sekelompok dengan sahabat bukan masalah, daripada justru nantinya saling mengandalkan.
  • Jangan lupa istirahat. Mengerjakan tugas dan PR bukan berarti harus duduk dan mengerjakannya hingga tuntas. Setelah tekun belajar 1 - 2 jam, luangkanlah waktu 10 menit untuk beristirahat. Cara ini menjaga kalian tetap segar.
  • Jangan tergantung. Tanpa memandang cara kalian menyelesaikan tugas dna belajar, pastikan untuk fair pada teman belajarmu. Ini berarti membawa catatan, buku cetak, LKS; tanpa mengandalkan teman sekelompokmu.
  • Singkirkan ponsel. Membalas pesan atau bermain game di ponsel saat teman belajarmu serius mengerjakan sesuatu, sangatlah tidak etis. Jadi saat belajar, berusahalah untuk fokus dan saling membantu.
  • Jangan ragu bertanya. Belajar berkelompok berarti harus saling tolong. Gak perlu cemas kamu melakukan kesalahan atau terlihat bodoh karena menanyakan sesuatu. Jadi sering-seringlah saling bertanya.
  • Atur jadwal tetap. Jika kelompok belajar kalian ternyata bermanfaat, sebaiknya buat rencana belajar bersama seminggu sekali, dan bisa semakin sering menjelang pekan ulangan atau ujian semester.

Nah, sudah jelas bukan alasannya mencari teman belajar yang tepat? Yuk temukan teman belajarmu sekarang.

Related Articles