Menu

Sociolife

Menstruasi 5 Cara Siasati Kebiasaan Sahabat Bergosip

5 Cara Siasati Kebiasaan Sahabat Bergosip

Kamu tentu saja menyayangi sahabatmu, tetapi ada saatnya sahabat berperilaku negatif, bergosip dan menceritakan hal-hal tak benar tentang teman lain. Jika kebiasaan ini mulai terasa mengganggu, sebaiknya kamu segera mengingatkan sahabatmu. Ini cara melakukannya, agar menjaganya dari kesalahan, dan membuatnya tetap berlaku positif

#1 Sampaikan baik-baik. Ajak sahabatmu bicara tentang perilaku tidak menyenangkannya itu. Katakan pendapatmu baik-baik. Tetapi kamu harus bersiap-siap jika ia keliru menanggapi maksud baikmu, ingatkan saja bahwa kamu hanya ingin menjaga agar ia tidak menyakiti orang lain. 

#2 Jangan menghakimi. Saat hanya berdua dengan sahabat, tanyakan alasannya bergosip. Pastikan pertanyaanmu disampaikan tanpa penilaian buruk tentangnya; tujuanmu adalah mendapatkan penjelasan, bukan menghukumnya.

#3 Jangan ikut-ikutan. Seringkali saat ada sahabat bergosip, kita tertarik ikut melakukannya. Tahan diri, jangan lakukan hal ini. Ikut bergosip dengan sahabat tidak membuat kita merasa lebih baik. Di sisi lain kita justru menyakiti seseorang yang belum tentu bersalah. 

#4 Jangan berpendapat. Jika sabahat kita menggosipkan seorang teman lain; lebih baik jangan bilang apa-apa pada teman tersebut. Sebaliknya ingatkan sahabat agar ia mengecek dulu kabar itu, atau bisa memintanya bertanya pada teman yang digosipkan, tanpa melibatkanmu. 

#5 Mencari teman baru. Sama sekali gak ada aturan pertemanan, yang mengikat kita untuk tetap berteman dengan bestie yang tidak bersikap baik. Jika kamu sudah pernah bilang padanya tentang perilakunya yang mengganggu itu, dan dia tidak berubah, bisa jadi memang sudah saatnya kamu mencari sahabat baru. 

So girls, be wise menghadapi sahabat yang suka bergosip. Jika ia bisa bergosip tentang orang lain, maka ia pun bisa saja menggosipkan kita. 

Related Articles