Menu

Sociolife

Menstruasi Adik Gue Rese

Adik Gue Rese!

Kalau bete sama temen sih gak masalah, setelah sampe di rumah kita gak akan ketemuan mereka lagi. Tapi kalo yang bikin bete itu adik sendiri? Kita tinggal serumah, bakal lebih sering ketemu, dan yang pasti kita seperti terpaksa memaklumi sikapnya yang ngebetein itu.

Cara yang paling baik adalah membicarakan hal ini dengannya, bila perlu minta dukungan mama, papa untuk membuatkan peraturan agar bisa hidup lebih nyaman. Tapi tentu saja hal itu tidak mudah, karena kadang-kadang peristiwa menjengkelkan bisa terjadi kapan pun. Biar gak berantem, saat adikmu berulah, cobalah untuk:

  • Menghindar. Saat adik membuatmu sebal dan nyari gara-gara, sebaiknya kamu pindah ruangan. Biar kamu gak tambah kesal dan gak terpancing olehnya.
  • Tetapkan batasan. SekalipunĀ  berbagi kamar tidur dengan adik, cobalah membuat ruang pribadi. Atur sebuah sudut khusus untuk kamu dan jelaskan bahwa kamu gak mau dia berlaku seenaknya di wilayah itu.
  • Hargai juga kepemilikannya. Jika kamu ingin dimengerti dan dihargai, sebaiknya lakukan hal yang sama pada adikmu.
  • Mengatur giliran. Kadang-kadang pemicu masalah antara kamu dan adik sepele. Misalnya; rebutan remote control teve, giliran main ps2 atau surfing internet. So, kalo begini, ajak aja si adik untuk berunding. Kapan waktunya dia, dan kapan waktunya kamu.
  • Cari orang ketiga. Tapi jika si adik gak koperatif, dan sering melewati batas, jelaskan pada mama alasan kamu kesal pada adik. Biasanya, ortu bisa mengingatkannya biar lebih kalem.

Nah, udah cukup kan sebenarnya bekal menghadapi kereseā€™an si adik. Pastiin juga sama dia bahwa sebagai anak yang lebih besar kamu ngertiin dan akan melindungi dia, sebaliknya dia sebagai adik mestinya ngedengerin kamu. Yo, peace girls...!

Related Articles