Menu

Sex

Sering Ketombean Menjelang Menstruasi? Ada Cara Menyiasatinya!

Ketombe terlihat seperti serpihan putih dan menempel di kulit kepala. Biasanya terlihat di area dahi, atau jatuh ke baju dan membuat seorang cewek terlihat tidak "bersih". Umumnya seorang yang mengalami gangguan ketombe merasakan gatal yang luar biasa di kulit kepalanya.

Mengapa berketombe?
Ketombe adalah sel kulit kepala yang mati. Gangguan ketombe cenderung dialami seseorang di usia puber. Pada periode ini, kelenjar minyak yang berada di pangkal rambut, cenderung memroduksi lebih banyak minyak. Pada saat bersamaan, kulit kepala juga mengalami proses pertumbuhan pesat sehingga membentuk lapisan sel kulit mati di permukaan kulit kepala. Produksi minyak kulit kepala yang sedang banyak itu kemudian mengikat sel kulit mati, sehingga membentuk ketombe.

Kondisi ini bisa semakin parah jika ada jamur Malassezia yang memicu pertumbuhan sel kulit kepala menjadi lebih cepat. Akibatnya, terbentuk lebih banyak sel kulit mati yang bercampur dengan minyak di kulit kepala, sehingga membentuk kumpulan ketombe yang relatif lebih besar.

Mengatasi ketombe
Hal pertama adalah sebaiknya memastikan seberapa parah kondisi ketombe. Jika hanya masih berupa serpihan kecil tanpa rasa gatal yang parah, maka menjaga kesehatan kulit kepala adalah langkah utama.
•    Angkat minyak berlebih dengan cara mencuci rambut menggunakan sampo lembut - sampo bayi - setiap hari.
•    Bersihkan sisir dari kotoran dan kemungkinan adanya jamur yang bisa memicu ketombe akut. Lakukan setiap hari.
•    Hindari penggunaan jel atau mouse, karena justru akan mengikat ketombe di kulit kepala.
•    Kulit kepala yang berketombe cenderung gatal. Hindari menggaruk, karena akan menyebabkan ketomber bertebaran, dan menimbulkan luka pada kulit kepala.
•    Gunakan sampo antiketombe. Setiap sampo bekerja dengan cara yang berbeda. Ada sampo yang bisa memengaruhi warna rambut hingga ada yang menimbulkan alergi. Pastikan berkonsultasi dengan apoteker sebelum membeli sampo antiketombe

Jangan cemas, ketombe bisa hilang kok! Berkonsultasi dengan dokter kulit, agar segera ditangani dengan tepat.

Related Articles