Menu

Sex

menstruasi kapan menstruasiku bulan depan

Kapan menstruasiku bulan depan?

Cara paling tepat memastikan hari pertama menstruasi yang akan datang adalah dengan mengetahui siklus menstruasi kita. Sayangnya, di usia remaja, ketika tubuh masih mengalami pertumbuhan, biasanya menstruasi belum berlangsung dalam siklus yang tetap. Hal ini disebabkan karena sistem reproduksi belum menghasilkan hormon reproduksi secara seimbang. Akibatnya siklus menstruasi belum teratur.

Tetapi bukan berarti tidak ada cara untuk memastikan siklus menstruasi, di masa remaja. Langkah pertama untuk menentukan siklus menstruasi, adalah mencatat tanggal yang bertepatan dengan hari pertama setiap kali menstruasi. Lakukan setidaknya hingga 4 bulan berturut-turut. Dengan cara ini, kamu bisa menentukan berapa lama sebenarnya siklus berlangsung dari satu periode ke periode lain.

Langkah selanjutnya adalah hitung jumlah hari dari satu hari pertama menstruasi, ke hari pertama menstruasi selanjutnya, misalnya, siklus yang pertama adalah 29 hari, siklus kedua 31 hari, siklus ketiga 31 hari, dan siklus keempat adalah 30 hari.

Langkah ketiga, adalah jumlahkan semua hari tersebut, 29 + 31 + 31 + 30 = 121. Kemudian bagi hasilnya dengan 4 (4 periode menstruasi) untuk mendapatkan jumlah hari rata-rata. Hasilnya adalah 30. Ini berarti siklus menstruasi kita adalah 30 hari.

Dengan jumlah tersebut, kita bisa memrediksi hari pertama menstruasi yang berikut, dengan menambahkan 30 hari. Jadi jika menstruasi pada bulan Januari adalah tanggal 2, maka jika ingin mengetahui kapan menstruasi berikutnya akan datang, tinggal tambahkan saja 30 hari sejak tanggal 2 Januari, maka hari pertama menstruasi akan tepat jatuh pada tanggal 1 Februari.

Mudah bukan??? Yuk hitung dan pastikan hari pertama menstruasimu.

Related Articles