Menu

Sex

menstruasi 8 cara agar tetap ceria selama menstruasi

8 Cara Agar Tetap Ceria Selama Menstruasi

Kabar seru! Sebenarnya kita gak perlu ngalamin hari-hari gak pede dan lemas sepajang menstruasi. Ada beberapa kondisi yang bisa dikontrol sehingga kita bisa tetap cerita dan menikmati serunya hari-hari beraktivitas. Gak percaya? Coba deh 8 cara seru ini!

1. Bergerak. Gerakan olahraga ringan, seperti strecthing atau yoga, jalan kaki, berenang bisa membantu meningkatkan peredaran darah, dan menghentikan ketegangan otot. Sebaliknya jika kamu duduk diam saja, maka akan menyebabkan nyeri semakin terasa. So, keep on moving ya girls.
2. Kompresan hangat. Jika terasa perut menegang dan nyeri, cobalah mengisi kantong air atau kompresan hangat yang kalian punya. Rasanya akan sangat nyaman. Suhu hangat bisa merelaksasi otot, dan meredakan ketegangan sehingga nyeri pun lambat laun mereda. 
3. Minum cukup air. Berasa agak aneh, jika ada saran yang memintamu minum banyak air agar mencegah kembung? Memang demikian caranya. Kita merasa kembung, karena tubuh mengumpulkan air, demi mencegah terjadinya dehidrasi. Jika asupan air kita cukup, maka tubuh tidak akan mengumpulkan air, sehingga sensasi kembung pun akan hilang. Kita disarankan minum setidaknya 8 gelas cairan, bisa berupa air, jus atau susu sepanjang hari. Gak perlu malu membawa botol air kemana pun kamu pergi, karena hanya dengan cara ini kamu jadi ingat untuk minum dan memenuhi kebutuhan cairanmu.
4. Makanan sehat. Makanlah lebih banyak sayur dan buah, agar tubuh lebih terasa segar. Sayur dan buah memasok kebutuhan vitamin dan air tubuh, yang mencegah terjadinya berbagai gejala pra-menstruasi.
5. Hindari kafein. Zat ini tidak hanya datang dari kopi, tetapi juga terkandung pada minuman bersoda dan cokelat. Kafein diketahui bisa menyebabkan pengumpulan cairan di dalam tubuh, sehingga menjelang menstruasi kita lebih sering merasa nyeri, sensitif dan kembung. Jadi boleh makan cokelat, tapi jangan banyak-banyak ya.
6. Cukup tidur. Cewek di usia kita butuh tidur 6 - 9 jam setiap malam, terlebih lagi jika kita sedang menstruasi. Cukup waktu tidur akan membuat kita merasa segar keesokan hari, sehingga siap beraktivitas dan tetap ceria.
7. Mencatat. Melakukan persiapan adalah cara terbaik menyambut menstruasi. Karenanya kamu harus tahu secara pasti kapan kamu menstruasi. Untuk mengetahuinya, kamu sebaiknya selalu mencatat. Bisa menggunakan kalender di ponselmu, atau di diary biar lebih private, dan gak ada orang lain yang ngerti. Intinya, kamu jadi bisa menghitung dan menyiapkan keperluanmu jika menstruasimu tiba.
8. Mengenakan pembalut yang baik. Temukan produk pembalut yang memberi perlindungan tetapi juga nyaman dikenakan. Tidak mengganjal ketika kamu bergerak. Pastikan selalu menggantinya setiap 4 jam ya.

Girls, rangkaian tips ini menyebabkan kamu bisa tetap seru-seruan dan menikmati hari-harimu saat menstruasi! Jadi segera lakukan ya, jangan hanya dibaca saja.

Related Articles