Menu

Tips and Info

Serius Mengatasi PMS Berat

 

Tangani PMS BeratAda beragam jenis gejala pra-menstruasiPMS. Biasanya gejala-gejala tersebut mulai dialami seorang perempuan 1 bahkan 2 minggu sebelum menstruasi, dan semakin nyata beberapa hari sebelum menstruasi dimulai.

Gejala emosional atau psikis yang umum dialami antara lain; depresi, sensitif, panik, tidak bersemangat, atau sebaliknya merasa gembira berlebihan. Sedangkan gejala fisik yang sering dialami adalah; payudara membengkak dan nyeri saat tersentuh, kembung, sakit kepala, pembengkakan pergelangan kaki, tegang otot, gangguan pola tidur, gangguan selera makan, dan nyeri di seluruh tubuh.

Data kesehatan WHO tahun 2010 menyatakan bahwa 90% perempuan mengalami PMS, tetapi hanya 2%-10% di antara mereka yang benar-benar serius dan membutuhkan bantuan dokter untuk mengatasi ketidaknyamanan. Gejala yang terkategori serius itu adalah:

  • Tidak dapat menjalani aktivitas rutin secara normal – secara mudah, dapat digambarkan sebagai tidak bisa bangkit dari tempat tidur, karena nyeri perut, misalnya.
  • Menjadi sangat emosional, atau murung, sehingga orang-orang di sekitar menjadi sangat terganggu

 

Hal yang perlu dipastikan adalah, karena gejala-gejala ini biasanya hanya berlangsung beberapa saat, namun segera mereda setelah menstruasi; maka sering diabaikan. Sangat disarankan agar segera memeriksakan diri ke dokter ketika gejala ini dialami, agar dapat ditangani secara tepat. Hal ini penting dilakukan agar kualitas hidup kita tetap baik.

Related Articles