Membaca Siklus Menstruasi


 

Umumnya cewe akan memasuki masa puber pada usia 8-14 tahun. Ciri-cirinya terlihat dari tumbuhnya payudara dan berfungsinya sistem reproduksi yang ditandai terjadinya menstruasi. Menstruasi merupakan proses pembersihan rahim dari berbagai unsur periode reproduksi sebelumnya.

Hal ini menyebabkan tidak hanya darah yang dikeluarkan dari dalam rahim, melainkan juga selaput dinding dalam rahim. Selaput dinding dalam rahim inilah yang sering terlihat seperti gel; agak padat, dan berwarna kecokelatan atau merah hati. Jadi gak usah panik girls karena setiap cewek pasti akan mengalaminya.

Nah… biar makin paham, yuk cermati beberapa pertanyaan umum tentang siklus menstruasi.

Berapa lama siklus menstruasi datang?
Meskipun siklus menstruasi setiap cewe berbeda-beda antara 15-45 hari, tapi rata-rata mengalaminya setiap 28-30 hari. Menurut catatan medis, menstruasi itu terjadi selama 3-10 hari, tetapi kebanyakan cewe mengalaminya selama 5-7 hari. Kalo kamu khawatir karena menstruasimu lama dengan volume darah yang banyak, ada baiknya bilang ke mama biar kamu dapat berkonsultasi ke dokter.

Kenapa menstruasi suka datang telat atau gak teratur?
Untuk cewe yang baru mengalami menstruasi, hal ini masih wajar kok girls. Karena kadar hormon reproduksi sedang dalam penyempurnaan dan belum berimbang. Sehingga berdampak pada volume darah menstruasi yang akan dikeluarkan oleh tubuh. Hal ini yang menyebabkan siklus menstruasi berbeda-beda tiap bulannya. Tapi tenang… siklus menstruasimu akan teratur paling tidak 3 tahun setelah menstruasi pertama kalinya.

Selain itu kita juga harus aware nih girls! Jika siklus menstruasimu tiba-tiba berubah atau gak teratur, padahal 6 bulan sebelumnya teratur. Faktor yang mempengaruhinya adalah:

  • Sedang menjalani diet ketat atau bertambah berat badan secara drastis
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu sehingga mempengaruhi hormon tubuh
  • Beraktivitas atau olahraga terlalu keras
  • Kurangnya mengonsumsi makanan bernutrisi
  • Stress dan ketidak seimbangan hormon

Kalo kondisinya seperti itu segera periksakan diri ke dokter.

Gimana cara menandai datangnya menstruasi?
Kita bisa menghitung siklus menstruasi dengan melingkari kalender. Lingkari tanggal menstruasi datang bulan ini sampai satu hari sebelum menstruasi bulan berikutnya. Biasanya nih girls, datangnya menstruasi bersamaan dengan gejala nyeri perut, moody, dan jerawatan. So… gak ada salahnya nyiapin emergency kit menjelang menstruasi.

Related Articles

Reproductive Health

Siklus Tak Teratur, Gejala Kanker Ovarium

Para peneliti menemukan pada perempuan berusia produktif, siklus menstruasi tidak teratur menandakan risiko kanker ovarium.

Fact of Period

Menstrual Diary

Aplikasi praktis yang memberi informasi akurat tentang siklus menstruasi, dan berbagai gejala PMS

Sex

Kram Menstruasi Normal VS Tak Normal

Sekalipun setiap menstruasi seorang cewek alami kram, waspadai ketika kram menjadi-jadi. Bisa menandakan gangguan kesehatan serius.

Sociolife

Semangat di Kelas Baru

Kembali ke sekolah. Sekolah baru, kelas baru... Semangat juga baru dong. Kita kan harus segera siap-siap UTS kan girls!

Laurier Double Comfort

Nyaman Jadi Cewek dengan Daya Serap EXTRA MAXI. QuickLock System-nya menyerap dan mengunci cairan seketika, tidak bocor! Tipis serta mudah dicuci…

Match meter

Match Meter

Girls, cari tahu fashion style kamu di sini, biar makin mantep saat dandan dan tampil prima, karena tahu karakter dirimu.

Catalogue

Catalogue

Laurier untuk siang dan malam. Tipis dan berdaya serap tinggi. Aman dan aktivitas jadi tak terganggu.

ask dr. Laurier

Jangan ragu bertanya pada dr. Laurier

Ingin tahu seputar kesehatan reproduksi dan masalah menstruasi yang kamu alami? Dapatkan jawabannya langsung ke email kamu

Fact of Period

Hitung Siklus

Aplikasi praktis yang memberi informasi akurat tentang siklus menstruasi, dan berbagai gejala PMS

Health Dictionary

Know Them Well

A - Z istilah kesehatan perempuan, yang perlu diketahui.

Best Friend Reward

Easy to Get

Siapa cepat, dia dapat! Ungkapan cinta Laurier pada para sahabat.

Zodiac

Leo

Kamu punya banyak kesempatan untuk nunjukin bakatmu. Pusatkan perhatian pada tujuanmu, maka kamu akan bisa mencapai prestasi terbaik.

Happy Friends

Cinthia Yulianti

Aku punya pengalaman berganti-ganti pembalut... hingga menemukan Laurier Super Slimguard..