Nyeri Saat Menstruasi Pertama

 

Nyeri menstruasi pertamaUmumnya cewek memang ngalamin nyeri saat menstruasi pertama menstruasi. Hal ini terjadi karena untuk pertama kalinya otot perut berkontraksi mengeluarkan darah menstruasi dari dalam rahim. Kontraksi otot menyebabkan ketegangan, dan seperti umumnya hal yang pertama, karena belum terbiasa; terasa nyeri!

Untungnya kondisi nyeri ini tidak terjadi berlama-lama; rata-rata mengalaminya hari pertama dan kedua. Selain itu, ada cara praktis untuk meredakan rasa nyeri ini:

  • Tetap aktif. Lakukan olahraga ringan agar otot-otot perut dan rahim melentur, tidak tegang. Jika otot lentur, maka perlahan-lahan nyeri akan mereda.
  • Mandi dengan air hangat, atau kompresan hangat di bagian perut yang nyeri bisa melemaskan otot sehingga nyeri pun berkurang
  • Manjakan diri. Minum secangkir teh hangat, mendengarkan musik lembut, atau lilin aromaterapi, bisa membuatmu merasa lebih baik
  • Konsumsi obat. Pilihlah obat pereda nyeri yang khusus dibuat untuk mengatasi nyeri menstruasi. Konsumsi obat sesuai aturan yang tertera pada kemasan, sehingga obat berfungsi optimal.

 

Cobalah salah satu atau beberapa cara di atas untuk meredakan nyeri menstruasimu. Tetapi jika tidak membaik, segera beritahu mama dan minta diajak ke dokter ya.

Related Articles

Reproductive Health

Menjaga Kebersihan Pakaian Dalam

Kesehatan organ genital tidak hanya penting dijaga saat menstruasi. Sebaliknya harus dijaga tiap hari. Salah satunya saat mencuci celana dalam.

Fact of Period

Fact of Period

Setiap wanita akan mengalami menstruasi kurang lebih sebanyak 400 kali, sejak wanita tersebut mendapatkan menstruasi pertama, selama hidupnya!

Sex

Bra Lebih Sesak Saat Menstruasi

Ukuran payudara seakan bertambah sehingga bra terasa sesak. Lalu segera setelah menstruasi datang, segalanya kembali normal. Wajarkah?

Sociolife

Lebaran, Hari Gencatan Senjata

Lagi menstruasi dan tidak bisa ikutan salat Ied? Jangan sedih. Tetap riang rayakan Lebaran, karena ini kesempatan OK untuk mencairkan ketegangan antara ortu dan pacar.

Go With Thin!

Laurier Double Comfort, lebih TIPIS tapi menyerap maksimal seperti Maxi, sehingga tidak bocor. Tidak mengganjal dan lebih nyaman saat dipakai. Mudah dicuci dengan sedikit tenaga.

Match meter

Match Meter

Girls, cari tahu fashion style kamu di sini, biar makin mantep saat dandan dan tampil prima, karena tahu karakter dirimu.

Catalogue

Catalogue

Laurier untuk siang dan malam. Tipis dan berdaya serap tinggi. Aman dan aktivitas jadi tak terganggu.

ask dr. Laurier

Jangan ragu bertanya pada dr. Laurier

Ingin tahu seputar kesehatan reproduksi dan masalah menstruasi yang kamu alami? Dapatkan jawabannya langsung ke email kamu

Fact of Period

Monthly Basic

Setiap wanita akan mengalami menstruasi kurang lebih sebanyak 400 kali, sejak wanita tersebut mendapatkan menstruasi pertama, selama hidupnya!

Health Dictionary

Know Them Well

A - Z istilah kesehatan perempuan, yang perlu diketahui.

Best Friend Reward

Easy to Get

Siapa cepat, dia dapat! Ungkapan cinta Laurier pada para sahabat.

Zodiac

Leo

Sahabat ada yang lagi bete tuh. Yuuuk hibur dan bikin dia senyum lagi. Ajak dia hangout bareng, pokoknya seseruan dan bikin mood-nya kembali oke.

Happy Friends

Cindy Aisyah Firdiah, Tangerang

Laurier pilihan mama, pas aku pertama kali menstruasi. Laurier nyaman, dan mudah dibersihkan.