Menu

Sex

Larangan Saat Menstruasi, Bener Gak Sih?

 

mitos_menstruasiMenstruasi adalah hal rutin yang kita alami tiap bulan. Mestinya sih itu jadi hal biasa dan kita selalu akan survive kok ngelewatinnya. Tapi, berasa gak sering kali kita terpaksa menahan diri pas lagi menstruasi? Takut kenapa-napa gitu… belum lagi seringkali ada larangan-larangan khusus. Eh, tapi perlu gak sih sebenarnya menahan diri sesuai larangan-larangan itu? Coba kita cari “gali” faktanya ya.

Tidak boleh berenang: Sebenarnya, berenang gak masalah dilakukan saat menstruasi. Selama kita gak risih tetap pakai pembalut. Tetapi ada beberapa hal yang sebaiknya dipertimbangkan. Ketika kita menstruasi, organ reproduksi kita cenderung rentan mengalami infeksi. Di sisi lain, air kolam renang kan gak steril tuh. So… kalo gak harus banget, sebaiknya ditunda dulu ya berenangnya.

Dilarang keramas: Pada dasarnya, keramas itu adalah bagian dari aktivitas menjaga kebersihan diri. Jadi sebenarnya harus dilakukan secara rutin. Terlebih lagi ketika sedang menstruasi, kita perlu rajin merawat diri sehingga selalu merasa bersih dan segar kan. So, tetaplah keramas.

Jangan minum es/air dingin: Sesungguhnya air dingin tidak memiliki efek apa pun saat menstruasi. Terutama efek menghambat atau membekukan darah menstruasi, apalagi sampe bikin kanker kayak yang kemarin diisyukan itu. Sama sekali gak bener! Selama gak ngerasa sakit atau perut kembung, tetep boleh kok minum es/air dingin.

Udah lebih jelas kan sekarang… so be wise ya girl!

Related Articles