Menu

Tips and Info

Gerakan Stretcing untuk Redakan Kram Perut

 

Gerakan-Stretching_Redakan_Kram_PerutMenstruasi emang udah menjadi sahabat bagi wanita setiap bulanya. Apalagi di saat menjelang datang bulan hampir selalu diawali dengan gejala PMS yang menyiksa. Yups! Apalagi kalo bukan nyeri kram perut. Perut kembung disertai rasa sakit yang melilit bikin aktivitas kita benar-benar terhambat. Aarrggh… Bete banget gak sih!

Jika kamu rajin berolahraga, biasanya kram perut jarang terjadi. Karena otot tubuhmu relatif lebih kuat sehingga tidak mudah mengalami kram. Ternyata melakukan olahraga ringan, atau stretching saat menstruasi dapat membantu meringankan bahkan meredakan kram perut. Berikut beberapa gerakan yang baik untuk meredakan kram perut :

  • Gerakan 1: Duduk di lantai, selonjorkan kaki lurus ke depan tubuh. Kemudian pegang jari-jari kaki, jika tidak sampai, cukup berusaha pegang pergelangan kaki saja. Punggung diusahakan lurus, lalu mulai bernapaslah dengan diafragma - otot di bawah tulang rusuk. Tarik napas panjang ketika duduk tegap, lalu hembuskan perlahan saat membungkukkan badan meraih jari-jari kaki.

 

  • Gerakan 2: Duduk di lantai, selonjorkan ke dua kaki lurus di depan tubuh. Kemudian tekuk ke dua kaki pada lutut ke arah masing-masing sisi tubuh, sehingga kedua telapak kaki saling menempel, dan berada di depan tubuh. Kemudian raihlah pergelangan kaki; tahan posisi ini hingga beberapa detik, tarik napas dalam-dalam. Gerakkan kepala ke arah atas, sehingga kamu merasakan perut mengembang. Lakukan gerakan ini sebanyak 4 hingga 5 kali.

 

  • Gerakan 3: Berbaring telentang, dengan posisi tubuh membujur lurus. Kemudian tekuk satu kaki ke arah tubuh, tarik hingga menyentuh dagu. Agar gerakan lebih sempurna, kamu bisa menarik lutut dengan tangan. Tahan hingga beberapa hitungan, lalu ganti dengan satu kaki lainnya. Lakukan gerakan ini sebanyak 3-4 untuk setiap kaki. Gerakan ini berfungsi untuk meredakan ketegangan otot yang mungkin dialami setelah melakukan gerakan 1 dan 2.

 

Catatan: Jika kamu mengalami nyeri dan kram perut secara tiba-tiba, di luar dari masa menstruasi, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Kondisi ini bisa saja menandakan adanya gangguan kesehatan lain, yang perlu ditangani secara tepat. 

Related Articles