Gerakan Stretcing untuk Redakan Kram Perut

 

Gerakan-Stretching_Redakan_Kram_PerutMenstruasi emang udah menjadi sahabat bagi wanita setiap bulanya. Apalagi di saat menjelang datang bulan hampir selalu diawali dengan gejala PMS yang menyiksa. Yups! Apalagi kalo bukan nyeri kram perut. Perut kembung disertai rasa sakit yang melilit bikin aktivitas kita benar-benar terhambat. Aarrggh… Bete banget gak sih!

Jika kamu rajin berolahraga, biasanya kram perut jarang terjadi. Karena otot tubuhmu relatif lebih kuat sehingga tidak mudah mengalami kram. Ternyata melakukan olahraga ringan, atau stretching saat menstruasi dapat membantu meringankan bahkan meredakan kram perut. Berikut beberapa gerakan yang baik untuk meredakan kram perut :

  • Gerakan 1: Duduk di lantai, selonjorkan kaki lurus ke depan tubuh. Kemudian pegang jari-jari kaki, jika tidak sampai, cukup berusaha pegang pergelangan kaki saja. Punggung diusahakan lurus, lalu mulai bernapaslah dengan diafragma - otot di bawah tulang rusuk. Tarik napas panjang ketika duduk tegap, lalu hembuskan perlahan saat membungkukkan badan meraih jari-jari kaki.

 

  • Gerakan 2: Duduk di lantai, selonjorkan ke dua kaki lurus di depan tubuh. Kemudian tekuk ke dua kaki pada lutut ke arah masing-masing sisi tubuh, sehingga kedua telapak kaki saling menempel, dan berada di depan tubuh. Kemudian raihlah pergelangan kaki; tahan posisi ini hingga beberapa detik, tarik napas dalam-dalam. Gerakkan kepala ke arah atas, sehingga kamu merasakan perut mengembang. Lakukan gerakan ini sebanyak 4 hingga 5 kali.

 

  • Gerakan 3: Berbaring telentang, dengan posisi tubuh membujur lurus. Kemudian tekuk satu kaki ke arah tubuh, tarik hingga menyentuh dagu. Agar gerakan lebih sempurna, kamu bisa menarik lutut dengan tangan. Tahan hingga beberapa hitungan, lalu ganti dengan satu kaki lainnya. Lakukan gerakan ini sebanyak 3-4 untuk setiap kaki. Gerakan ini berfungsi untuk meredakan ketegangan otot yang mungkin dialami setelah melakukan gerakan 1 dan 2.

 

Catatan: Jika kamu mengalami nyeri dan kram perut secara tiba-tiba, di luar dari masa menstruasi, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Kondisi ini bisa saja menandakan adanya gangguan kesehatan lain, yang perlu ditangani secara tepat. 

Related Articles

Reproductive Health

Kisah Sepanjang Siklus Menstruasi

Sepanjang siklus menstruasi, di dalam tubuh perempuan ada 4 fase yang terjadi. Baca penjelasan lengkapnya di sini

Fact of Period

Fact of Period

Setiap wanita akan mengalami menstruasi kurang lebih sebanyak 400 kali, sejak wanita tersebut mendapatkan menstruasi pertama, selama hidupnya!

Sex

Pertumbuhan Payudara

Payudara yang kian berbentuk adalah salah satu gejala paling jelas cewek memasuki masa puber.

Sociolife

Ditaksir Cowok yang Kamu Gak Suka

Bukan bermaksud memilih. Tapi kan perasaan gak ada yang bisa ngatur. Kita pun harus jujur sama diri sendiri.

Thin is In!

Laurier Super Slimguard, berdaya serap cepat. Meski hanya 1mm, menyerap lebih banyak dan kering. Menakjubkan! Jadikan Laurier Super Slimguard pilihanmu.

Match meter

Match Meter

Girls, cari tahu fashion style kamu di sini, biar makin mantep saat dandan dan tampil prima, karena tahu karakter dirimu.

Catalogue

Catalogue

Laurier untuk siang dan malam. Tipis dan berdaya serap tinggi. Aman dan aktivitas jadi tak terganggu.

ask dr. Laurier

Jangan ragu bertanya pada dr. Laurier

Ingin tahu seputar kesehatan reproduksi dan masalah menstruasi yang kamu alami? Dapatkan jawabannya langsung ke email kamu

Fact of Period

Monthly Basic

Setiap wanita akan mengalami menstruasi kurang lebih sebanyak 400 kali, sejak wanita tersebut mendapatkan menstruasi pertama, selama hidupnya!

Health Dictionary

Know Them Well

A - Z istilah kesehatan perempuan, yang perlu diketahui.

Best Friend Reward

Easy to Get

Siapa cepat, dia dapat! Ungkapan cinta Laurier pada para sahabat.

Zodiac

Aries

Pacar cuek memang bikin gemes. Coba bilang terus terang agar dia langsung mengerti maumu.

Happy Friends

Ivone Christin Rosalina, Jakarta

Nyaman dipakai dan membuat aku selalu percaya diri kemanapun saat menstruasi,