Menu

Tips and Info

Tetap Olahraga Saat Menstruasi


 

Meski beberapa perempuan mengalami PMS ketika sedang menstruasi, tapi itu seharusnya tidak menjadi halangan kita untuk melakukan aktivitas sehari-hari, termasuk kegiatan berolah raga sekalipun.

Olahraga bantu redakan PMS 

Sepanjang periode menstruasi, tubuh kita mengalami fluktuasi hormon yang mengakibatkan berbagai gejala PMS. Mulai dari mood swing, kesulitan berkonsentrasi, sampai rasa nyeri pada daerah perut. Meski hingga kini belum ada penelitian yang memastikan manfaat olahraga untuk mengatasi PMS, namun banyak ahli kesehatan yang menganjurkan kegiatan olahfisik secara rutin termasuk pada saat menstruasi, untuk memelihara kebugaran tubuh secara keseluruhan.

Apabila tubuh senantiasa bugar, peredaran darah di dalam tubuh akan berlangsung lancar dan stamina tetap terpelihara. Peredaran darah yang lancar secara tidak langsung dapat mengendalikan fluktuasi hormon di dalam tubuh. Hasilnya, otomatis berbagai keluhan seperti mood swing, mudah marah, dan kesulitan berkonsentrasi pun akan mereda.

Hati-hati Kurang Cairan!

Walaupun tetap dapat berolahraga, kamu tetap mesti melakukannya secara berhati-hati. Pasalnya, ketika menstruasi, jumlah darah yang beredar di dalam tubuh kita akan berkurang. Itu sebabnya ada beberapa di antara kita yang kadang-kadang merasa pusing atau berkunang-kunang ketika melakukan gerakan yang mendadak. Pada mereka yang kerap mengalami keluhan seperti ini, kegiatan fisik berlebihan selama menstruasi memang perlu dihindari.

Supaya tetap aman, perhatikan intensitas olahraga yang kamu lakukan selama menstruasi. Kegiatan fisik yang berat akan membuat keringat mengucur deras sehingga jumlah cairan dan zat elektrolit yang ada di dalam tubuh merosot drastis. Kondisi ini bisa berbahaya bagi perempuan yang sudah banyak kehilangan darah selama menstruasi. Untuk menghindarinya, pilihlah jenis olahraga yang ringan dan tidak terlalu menguras tenaga. Misalnya, jalan kaki, senam, serta bersepeda. Berenang pun ada baiknya dihindari karena faktor higinitas.

Tips Olahraga Aman dan Nyaman


  • Pilih jenis olahraga yang 'aman'. Jika merasa pusing, lemas, atau nyeri pada perut, segera hentikan kegiatan.
  • Banyak minum air putih sebelum olahraga, ketika berolahraga, dan setelahnya supaya kamu tidak kekurangan cairan.
  • Konsultasikan ke dokter apakah kamu perlu mengonsumsi multivitamin ataupun vitamin penambah darah selama periode menstruasi.
  • Pilih baju olahraga yang tidak terlalu ketat sehingga nyaman saat beraktivitas.
  • Gunakan pembalut yang mampu menyerap cairan menstruasi dengan baik, mempunyai panjang ideal, dan mempunyai pelindung samping sehingga dapat melindungimu secara maksimal ketika kamu melakukan aktivitas, bahkan yang ekstrim sekalipun.
  • Ganti baju dan pakaian dalam serta bersihkan tubuh kamu setelah berolahraga. Jangan lupa, ganti pembalutmu minimal 3x sehari, terutama setelah beraktivitas sehingga daerah kewanitaanmu tetap bersih dan tidak lembap.

 

 

Related Articles