Normalkah Darah Menstruasi Terlalu Banyak?

 

Perempuan berusia produktif pasti akan mengalami pendarahan setiap bulan, atau dikenal sebagai menstruasi. Pendarahan ini normal, dan terjadi berdasarkan sebuah siklus yang terjadi dalam rentang waktu 21-37 hari, selama 2-7 hari, dan total volume darah sebanyak 20-80 cc.

Namun, menurut Mayo Foundation for Medical Education and Research, 18% wanita berusia subur mengalami pendarahan tidak normal. Kondisi tidak normal ini, antara lain; pendarahan berlebih, atau masa menstruasi yang panjang. Dalam istilah medis disebut Menorrhagia.

Indikasi dan gejala menorrhagia, adalah;

  • Lama menstruasi lebih dari 10 hari
  • Darah menstruasi sangat deras
  • Sering mengganti pembalut
  • Darah menstruasi keluar pada malam hari, bahkan menggumpal\Nyeri di area perut bagian bawah karena perdarahan yang banyak dan lama sehingga aktivitas rutin terganggu
  • Selalu merasa letih, dengan nafas yang pendek-pendek

 

Dalam beberapa kasus, penyebab menorrhagia adalah:

 

Setelah seseorang terdiagnosa mengalami menorrhagia dan diketahui faktor penyebabnya, dokter akan melakukan penanganan berupa pemberian zat besi dan obat-obatan untuk mengurangi kram perut serta menghambat aliran darah. Selain itu bisa juga diberikan kontrasepsi oral untuk mengatur ovulasi yang terganggu dan mengurangi perdarahan yang berlebihan.

Pemberian hormon progesteron juga bisa membantu mengatasi. Namun, jika terapi tersebut tidak berhasil, akan dilakukan cara-cara lain seperti kuretase ataupun tindakan operasi. Jika Anda memilih untuk tetap berada di rumah, sebaiknya lebih banyak beristirahat. Jangan mengkonsumsi aspirin, karena obat itu dapat memperparah keadaan. Jangan lupa untuk mengganti pembalut secara teratur setiap empat hingga delapan.

Related Articles

Reproductive Health

Pertolongan Pertama Saat Menstruasi Berat

1 dari 3 perempuan alami menstruasi banyak, dan lama. Kenali pemicunya, dan tangani dengan tepat ketika mengalami kondisi ini.

Fact of Period

Fact of Period

Setiap perempuan mengalami menstruasi kurang lebih 400 kali, sejak mendapatkan menstruasi pertama, selama hidupnya.

Sex

Bebas Bete Saat PMS

Bete bisa dialami cewek kapan saja, tetapi cenderung sering dialami menjelang menstruasi. Pemicunya adalah fluktuasi kadar hormon yang mengganggu pusat pengontrol emosi.

Sociolife

Si Pacar Marah dan Diam

Tiap berantem, pasti si pacar diam. Dia sepertinya menghindar dan gak bales chat. Duh! Apa ini tanda gak sayang dan mau mutusin hubungan?

Thin Is In

Laurier Super Slimguard.
Hanya 1 mm, tipis banget, berdaya serap kuat. Kamu tetap bisa bergerak bebas dan tampil maksimal. Jadikan Laurier Super Slimguard pilihanmu.

Match meter

Match Meter

Girls, cari tahu fashion style kamu di sini, biar makin mantep saat dandan dan tampil prima, karena tahu karakter dirimu.

Catalogue

Catalogue

Laurier untuk siang dan malam. Tipis dan berdaya serap tinggi. Aman dan aktivitas jadi tak terganggu.

ask dr. Laurier

Jangan ragu bertanya pada dr. Laurier

Ingin tahu seputar kesehatan reproduksi dan masalah menstruasi yang kamu alami? Dapatkan jawabannya langsung ke email kamu

Fact of Period

Monthly Basic

Setiap perempuan mengalami menstruasi kurang lebih 400 kali, sejak mendapatkan menstruasi pertama, selama hidupnya.

Health Dictionary

Know Them Well

A - Z istilah kesehatan perempuan, yang perlu diketahui.

Best Friend Reward

Easy to Get

Siapa cepat, dia dapat! Ungkapan cinta Laurier pada para sahabat.

Zodiac

Pisces

Minggu ini kamu terperangkap lagi dalam kebiasaan lama. Entah apa itu? Yang pasti coba deh jangan biarkan dirimu berlarut-larut. Ayo! Perbaiki diri. Kamu pasti bisa!

Happy Friends

Viona Ciptadi

Aku tetap aktif selama camping sekalipun sedang menstruasi, karena Laurier Double Comfort melindungi serta nyaman.