Normalkah Darah Menstruasi Terlalu Banyak?

 

Perempuan berusia produktif pasti akan mengalami pendarahan setiap bulan, atau dikenal sebagai menstruasi. Pendarahan ini normal, dan terjadi berdasarkan sebuah siklus yang terjadi dalam rentang waktu 21-37 hari, selama 2-7 hari, dan total volume darah sebanyak 20-80 cc.

Namun, menurut Mayo Foundation for Medical Education and Research, 18% wanita berusia subur mengalami pendarahan tidak normal. Kondisi tidak normal ini, antara lain; pendarahan berlebih, atau masa menstruasi yang panjang. Dalam istilah medis disebut Menorrhagia.

Indikasi dan gejala menorrhagia, adalah;

  • Lama menstruasi lebih dari 10 hari
  • Darah menstruasi sangat deras
  • Sering mengganti pembalut
  • Darah menstruasi keluar pada malam hari, bahkan menggumpal\Nyeri di area perut bagian bawah karena perdarahan yang banyak dan lama sehingga aktivitas rutin terganggu
  • Selalu merasa letih, dengan nafas yang pendek-pendek

 

Dalam beberapa kasus, penyebab menorrhagia adalah:

 

Setelah seseorang terdiagnosa mengalami menorrhagia dan diketahui faktor penyebabnya, dokter akan melakukan penanganan berupa pemberian zat besi dan obat-obatan untuk mengurangi kram perut serta menghambat aliran darah. Selain itu bisa juga diberikan kontrasepsi oral untuk mengatur ovulasi yang terganggu dan mengurangi perdarahan yang berlebihan.

Pemberian hormon progesteron juga bisa membantu mengatasi. Namun, jika terapi tersebut tidak berhasil, akan dilakukan cara-cara lain seperti kuretase ataupun tindakan operasi. Jika Anda memilih untuk tetap berada di rumah, sebaiknya lebih banyak beristirahat. Jangan mengkonsumsi aspirin, karena obat itu dapat memperparah keadaan. Jangan lupa untuk mengganti pembalut secara teratur setiap empat hingga delapan.

Related Articles

Reproductive Health

Mitos Pembuahan

Kesehatan reproduksi tidak hanya seputar menstruasi, tetapi juga tentang pembuahan dan proses pembuahan. Hati-hati terjebak informasi yang keliru.

Fact of Period

Fact of Period

Setiap wanita akan mengalami menstruasi kurang lebih sebanyak 400 kali, sejak wanita tersebut mendapatkan menstruasi pertama, selama hidupnya!

Sex

Anemia, Di Saat Menstruasi

Menstruasi seharusnya tidak menyebabkan gangguan kesehatan. Tapi jika tiba-tiba lemas, bisa jadi mengidap anemia. Mari perhatikan gejalanya.

Sociolife

Lebaran, Hari Gencatan Senjata

Lagi menstruasi dan tidak bisa ikutan salat Ied? Jangan sedih. Tetap riang rayakan Lebaran, karena ini kesempatan OK untuk mencairkan ketegangan antara ortu dan pacar.

Go With Thin!

Laurier Double Comfort, lebih TIPIS tapi menyerap maksimal seperti Maxi, sehingga tidak bocor. Tidak mengganjal dan lebih nyaman saat dipakai. Mudah dicuci dengan sedikit tenaga.

Match meter

Match Meter

Girls, cari tahu fashion style kamu di sini, biar makin mantep saat dandan dan tampil prima, karena tahu karakter dirimu.

Catalogue

Catalogue

Laurier untuk siang dan malam. Tipis dan berdaya serap tinggi. Aman dan aktivitas jadi tak terganggu.

ask dr. Laurier

Jangan ragu bertanya pada dr. Laurier

Ingin tahu seputar kesehatan reproduksi dan masalah menstruasi yang kamu alami? Dapatkan jawabannya langsung ke email kamu

Fact of Period

Monthly Basic

Setiap wanita akan mengalami menstruasi kurang lebih sebanyak 400 kali, sejak wanita tersebut mendapatkan menstruasi pertama, selama hidupnya!

Health Dictionary

Know Them Well

A - Z istilah kesehatan perempuan, yang perlu diketahui.

Best Friend Reward

Easy to Get

Siapa cepat, dia dapat! Ungkapan cinta Laurier pada para sahabat.

Zodiac

Leo

Sahabat ada yang lagi bete tuh. Yuuuk hibur dan bikin dia senyum lagi. Ajak dia hangout bareng, pokoknya seseruan dan bikin mood-nya kembali oke.

Happy Friends

Cindy Aisyah Firdiah, Tangerang

Laurier pilihan mama, pas aku pertama kali menstruasi. Laurier nyaman, dan mudah dibersihkan.