Duuuh.... Sakit!

 

Selalu sakit menjelang dan beberapa hari di awal M, apakah ini gejala gangguan rahim? Menyebabkan tidak bisa hamil kelak? Jika hal ini selalu kamu alami, gak perlu bete. Kondisi yang sama juga dialami oleh berjuta-juta perempuan di dunia sebenarnya. Apakah ini pertanda gangguan serius pada organ reproduksi? Daripada salah sangka, mending baca dulu deh artikel ini... 

 

Proses yang wajar
Rasa nyeri yang selalu dialami menjelang menstruasi, sebenarnya bersumber dari ketegangan otot perut kita. Lebih tepat lagi, adalah ketegangan otot rahim. Kondisi ini terjadi karena seperti juga otot-otot di bagian tubuh kita yang lain, otot rahim berkontraksi: mengerut dan relaks ketika bekerja. Kerja otot rahim ini berlangsung untuk mengeluarkan darah menstruasi dari dalam rahim.

Kontraksi otot ini sangat kuat, sehingga menyebabkan ketegangan. Sayangnya ketegangan itu tidak sekadar dialami oleh otot rahim. Tetapi otot penunjang, seperti otot pinggang, panggul bahkan kadang-kadang otot paha bagian atas, cenderung ikut menegang. Ketegangan otot inilah yang menimbulkan rasa nyeri.

Jika sulit untuk memahami, cobalah bayangkan nyeri otot yang kamu alami setelah berolahraga sangat berat. Biasanya jika jenis olahraganya atletik, lari; maka kamu akan merasakan pegal pada kaki selama beberapa hari kan. Naaah, begitulah analoginya nyeri perut akibat ketegangan otot itu. Jadi... gak ada masalah tuh, sama gangguan serius seperti kanker rahim, yang sering dicemaskan.

 So... agar hal tersebut bisa ditanggulangi secara baik, cobalah beberapa hal yang sering disarankan oleh medis:

  • Minum obat pereda nyeri. Pilih obat yang khusus dibuat untuk ngatasin nyeri haid. Konsumsi sesuai aturan yang ada di kemasan, sehingga obat ampuh bekerja.
  • Kompresan panas. Karena penyebab nyeri perut menjelang menstruasi itu pangkalnya ketegangan otot, maka cara yang paling ok adalah menggunakan kompresan panas. Suhu panas bisa menurunkan tingkat ketegangan otot. Kalo otot udah gak tegang, maka otomatis sakitnya pun segera mereda.

 

Udah jelas belum sekarang? So... kamu bisa bebas sakit perut rutin dong mulai sekarang.

Related Articles

Reproductive Health

Agar Emosi Tak Labil Saat Menstruasi

Kunci utama dalah menciptakan kondisi bebas stres sehingga tetap terkendali menjelang menstruasi.

Fact of Period

Fact of Period

Setiap wanita akan mengalami menstruasi kurang lebih sebanyak 400 kali, sejak wanita tersebut mendapatkan menstruasi pertama, selama hidupnya!

Sex

Membersihkan Vagina di Saat Menstruasi

Sensasi lembap saat menstruasi cenderung membuat kita ingin membersihkan area vagina. Boleh saja, tapi lakukan dengan benar.

Sociolife

Tak Cocok Lagi

Merasa terperangkap dengan teman bermain semasa kecil, padahal sudah tak cocok? Jangan diabaikan, sebaiknya segera diselesaikan masalahnya.

Thin is In!

Laurier Super Slimguard, berdaya serap cepat. Meski hanya 1mm, menyerap lebih banyak dan kering. Menakjubkan! Jadikan Laurier Super Slimguard pilihanmu.

Match meter

Match Meter

Girls, cari tahu fashion style kamu di sini, biar makin mantep saat dandan dan tampil prima, karena tahu karakter dirimu.

Catalogue

Catalogue

Laurier untuk siang dan malam. Tipis dan berdaya serap tinggi. Aman dan aktivitas jadi tak terganggu.

ask dr. Laurier

Jangan ragu bertanya pada dr. Laurier

Ingin tahu seputar kesehatan reproduksi dan masalah menstruasi yang kamu alami? Dapatkan jawabannya langsung ke email kamu

Fact of Period

Monthly Basic

Setiap wanita akan mengalami menstruasi kurang lebih sebanyak 400 kali, sejak wanita tersebut mendapatkan menstruasi pertama, selama hidupnya!

Health Dictionary

Know Them Well

A - Z istilah kesehatan perempuan, yang perlu diketahui.

Best Friend Reward

Easy to Get

Siapa cepat, dia dapat! Ungkapan cinta Laurier pada para sahabat.

Zodiac

Taurus

Daripada bosen, mending beresin kamar. Agar rapi dan kamu betah belajar untuk UAS, girl!

Happy Friends

Ivone Christin Rosalina, Jakarta

Nyaman dipakai dan membuat aku selalu percaya diri kemanapun saat menstruasi,