Menu

Tips and Info

Mengapa Menstruasi Datang Lebih Dini?


 

Masih ingatkah, pada usia berapa pertama kali Anda mendapatkan menstruasi? Jika Anda mendapat menstruasi pertama pada usia 14 tahun, mengapa anak perempuan atau keponakan justru mengalami hal itu pada usia 9 tahun?

Usia saat seorang anak perempuan saat pertama kali mendapatkan menstruasi sangatlah bervariasi. Namun seiring perubahan pola hidup, saat ini ada kecenderungan anak perempuan mendapat menstruasi yang pertama kali usianya makin lebih muda. Bahkan ada yang di usia 7 tahun sudah mendapatkan menstruasinya. Mengapa? Dan apa penyebabnya?

Ada dua faktor yang menyebabkan terjadinya menstruasi datang lebih dini, yaitu faktor internal serta faktor eksternal. Faktor internal biasanya terjadi karena adanya ketidakseimbangan hormonal yang dibawa sejak lahir. Kondisi ini kemudian dipicu pula oleh faktor eksternal, seperti makanan (terutama junkfood), lingkungan yang modern serta tingkat kemakmuran masyarakat di suatu daerah. Contohnya, kota Jakarta, yang selalu menjadi indikator berbagai bidang, karena tingkat kemakmurannya yang tinggi. Di Jakarta, kaum perempuannya lebih cepat mengalami menstruasi dibandingkan dengan kaum perempuan yang tinggal di pedesaan.

Asalkan menstruasi datang teratur setiap bulannya dan tidak merasakan gejala PMS yang berlebihan, maka mentruasi datang lebih dini bukanlah kondisi yang perlu dikhawatirkan.

Related Articles