Menunda Siklus Menstruasi

Menunda Siklus MenstruasiHingga kini, untuk memenuhi kebutuhan menunda siklus menstruasi, secara umum dapat digunakan dua cara, yaitu dengan pil Kontrasepsi, atau pil penunda menstruasi. Keduanya memiliki pola kerja yang berbeda.

Pil kontrasepsi
Proses menunda menstruasi dengan pil kontrasepsi bekerja dengan cara menunda proses ovulasi (pematangan sel telur). Biasanya pil ini baru bisa dikonsumsi setelah dokter menghitung siklus menstruasi untuk menentukan masa subur. Dan diminum beberapa saat sebelum masa subur berlangsung untuk mencegah hal tersebut terjadi. Biasanya setelah 21 hari mengonsumsi pil, barulah menstruasi akan berlangsung.

Dampak yang dialami setelahnya, menstruasi cenderung mengalami ketidakteraturan selama beberapa bulan. Hal ini berhubungan dengan hilangnya dampak hormon tambahan akibat pil kontrasepsi, dan kemudian drop karena konsumsi pil dihentikan.

Pil penunda menstruasi
Jenis pil ini bekerja lebih cepat dibandingkan pil kontrasepsi. Tanpa perlu menghitung masa subur, pil penunda menstruasi dapat segera bekerja sesaat setelah dikonsumsi. Saat ini, penggunaan pil penunda menstruasi lebih disarankan oleh para dokter, karena cenderung tidak menyebabkan dampak keseimbangan hormonal setelah dihentikan penggunaanya.

Sekalipun demikian secara umum para ahli kesehatan reproduksi mengingatkan bahwa menstruasi adalah siklus alamiah, yang sebaiknya tidak terlalu sering dihambat. Penundaan yang dilakukan berulang dalam waktu relatif singkat, pada dasarnya tetap memengaruhi kesehatan reproduksi.

Related Articles

Reproductive Health

Hormon dan Fase Menstruasi

Sepanjang siklus reproduksi terjadi fluktuasi hormon. Setiap kadar hormon turun dan naik, terjadi peristiwa penting yang memengaruhi tubuh kita.

Fact of Period

Fact of Period

Setiap perempuan mengalami menstruasi kurang lebih 400 kali, sejak mendapatkan menstruasi pertama, selama hidupnya.

Sex

Memeriksa Payudara Sendiri

Kesehatan payudara perlu dijaga sejak dini. Inilah yang menyebabkan cewek sebaiknya memeriksa sendiri payudaranya.

Sociolife

Cintai Diri Sendiri

Teorinya, kita bisa memberi jika sudah kecukupan. Kita baru bisa mencintai orang lain, jika sudah mencintai diri sendiri. Yuk belajar mencintai diri sendiri.

Thin Is In

Laurier Super Slimguard.
Hanya 1 mm, tipis banget, berdaya serap kuat. Kamu tetap bisa bergerak bebas dan tampil maksimal. Jadikan Laurier Super Slimguard pilihanmu.

Match meter

Match Meter

Girls, cari tahu fashion style kamu di sini, biar makin mantep saat dandan dan tampil prima, karena tahu karakter dirimu.

Catalogue

Catalogue

Laurier untuk siang dan malam. Tipis dan berdaya serap tinggi. Aman dan aktivitas jadi tak terganggu.

ask dr. Laurier

Jangan ragu bertanya pada dr. Laurier

Ingin tahu seputar kesehatan reproduksi dan masalah menstruasi yang kamu alami? Dapatkan jawabannya langsung ke email kamu

Fact of Period

Monthly Basic

Setiap perempuan mengalami menstruasi kurang lebih 400 kali, sejak mendapatkan menstruasi pertama, selama hidupnya.

Health Dictionary

Know Them Well

A - Z istilah kesehatan perempuan, yang perlu diketahui.

Best Friend Reward

Easy to Get

Siapa cepat, dia dapat! Ungkapan cinta Laurier pada para sahabat.

Zodiac

Cancer

Kamu sedang menunggu saat bahagia? Kalem aja, gak perlu deg-degan kayak gitu. Semua hal akan terjadi kalo udah saatnya kok.

Happy Friends

Cinthia Yulianti

Aku punya pengalaman berganti-ganti pembalut... hingga menemukan Laurier Super Slimguard..