Radang Vagina Bisa Sebabkan Kanker Rahim


Rahim perempuan bertekstur sangat halus. Lalu bagaimana jika sekelompok mikroba tiba-tiba bercokol dalam rahim, menyebabkan peradangan dan menghancurkan kelembutannya? Rahim yang semula lembut berubah menjadi kasar dan memerah. Kondisi ini jelas membahayakan hidup janin. Pasti tak seorang perempuan pun menginginkan hal ini terjadi.

Peradangan pada rahim atau infeksi yang dibiarkan berlarut-larut dapat menimbulkan luka. Awalnya penyebab infeksi dan peradangan rahim diketahui penyebabnya adalah Clamedia. Namun sering juga Infeksi atau peradangan ini disebabkan oleh jenis mikroba lain, seperti; bakteri (steptococcus), jamur (Candida albikan) dan virus (herpes atau HPV).

Diawali Peradangan Saluran Vagina
Peradangan rahim seringkali diawali oleh peradangan saluran vagina. Peradangan pada bagian ini disebut bartholinitis. Bartholinitis berasal dari kata bartholini, sebuah kelenjar yang terletak pada bagian depan saluran vagina. Selanjutnya, kuman yang berada di saluran vagina ini masuk lebih dalam ke saluran vagina. Jika dibiarkan, maka jumlah kuman semakin bertambah. Dan ketika daya tahan tubuh menurun, kuman secara leluasa menjelajah bagian lain, mulut rahim misalnya, sehingga menimbulkan servisitis. Biasanya, virus yang sering tinggal di daerah mulut rahim adalah Human papilloma virus (HPV). Virus inilah yang menyebabkan infeksi, cikal bakal kanker rahim.

Kondisi yang paling membahayakan adalah jika infeksi di rahim dibiarkan dan menjalar ke dalam rongga panggul hingga menimbulkan radang. Radang panggul terjadi jika mikroba sudah menembus rongga perut. Salah satu mikroba yang senang bermain di sini biasanya adalah Clamedia. Mikroba ini sangat berbahaya, lantaran bisa bersemayam di saluran telur dan menyebabkan penyumbatan. Saluran telur yang tersumbat, menyebabkan sel telur tak bisa keluar, dan menyebabkan infertilitas. Akibatnya, seorang perempuan menjadi sulit hamil.

Ciri Peradangan Selalu Berbeda
Peradangan alat reproduksi memiliki gejala yang berbeda, tergantung penyebabnya. Jika disebabkan oleh jamur, peradangan ditandai oleh sekresi (pengeluaran) cairan encer, yang disertai rasa gatal. Jamur tergolong sebagai mikroba yang berukuran relatif lebih besar, sehingga dapat memicu kerusakan jaringan yang lebih luas. Jamur bisa menyebabkan mulut rahim dan baru berubah menjadi kanker setelah 10 tahun!

Ciri peradangan yang lain adalah nyeri saat berhubungan seksual. Hal ini disebabkan oleh pergesekan yang mengakibatkan luka pada mulut rahim semakin lebar. Penderita radang alat reproduksi juga akan merasa tidak nyaman, pegal-pegal dan nyeri, di seputar selangkangan, paha dan panggul. Jika dilakukan pemeriksaan fisik, maka vagina akan terlihat kemerahan.

Radang yang semula ringan, hanya berupa keputihan, bisa berubah menjadi berat karena beberapa kondisi. Misalnya, populasi kuman, keganasan kuman, serta daya tahan tubuh. Jika stamina tubuh kurang baik, dalam jangka dua hari radang ringan bisa menjadi berat. Saat menjadi radang berat, gejala yang dialami adalah rasa terbakar pada vagina, sekresi cairan berbau, dan terkadang bercampur darah, serta selalu menimbulkan noda pada celana dalam.

Pada saat-saat tertentu, peradangan bisa menjadi semakin berat, misalnya, saat menstruasi. Pada masa ini, daya tahan tubuh cenderung menurun. Akibatnya, rasa nyeri dan keputihan akan semakin hebat.

Untuk menghadang radang, berbagai cara bisa dilakukan. Salah satunya adalah gaya hidup bersih dan sehat:

  • Konsumsi makanan sehat dan bergizi. Usahakan agar Anda terhindar dari kegemukan yang menyebabkan paha bergesek. Kondisi ini dapat menimbulkan luka, sehingga keadaan kulit di sekitar selangkangan menjadi panas dan lembap. Kuman dapat hidup subur di daerah tersebut.
  • Hindari mengenakan celana ketat, karena dapat memicu kelembapan. Pilih pakaian dalam dari bahan yang menyerap keringat agar daerah vital selalu kering.
  • Periksakan diri ke dokter jika mengalami keputihan cukup lama. Tak perlu malu berkonsultasi dengan dokter kandungan sekalipun belum menikah. Karena keputihan dapat dialami semua perempuan.
  • Berhati-hatilah saat menggunakan toilet umum. Siapa tahu, ada penderita radang yang menggunakannya sebelum Anda.
  • Biasakan membersihkan diri, setelah buang air besar, dengan gerakan membasuh dari depan ke belakang.
  • Biasakan membersihkan alat kelamin setelah berhubungan seksual.
  • Alat reproduksi memiliki sistem pembersihan diri untuk melawan kuman yang merugikan kesehatan. Produk pembersih dan pengharum vagina yang banyak diperdagangkan sebetulnya tidak diperlukan. Sebaliknya jika digunakan berlebihan bisa berbahaya.
  • Hindari melakukan hubungan seksual berganti-ganti pasangan. Ingat, kuman juga bisa berasal dari pasangan Anda. Jika Anda berganti-ganti pasangan, tak gampang mendeteksi sumber penularan bakteri. Peradangan berhubungan erat dengan penyakit menular seksual dan pola seksual bebas.

Related Articles

Reproductive Health

Waspadai Perdarahan Vagina

Perdarahan saat menstruasi terkategori normal. Tetapi ada jenis perdarahan vaginal yang tidak normal dan perlu ditangani secara tepat.

Fact of Period

Fact of Period

Setiap perempuan mengalami menstruasi kurang lebih 400 kali, sejak mendapatkan menstruasi pertama, selama hidupnya.

Sex

Kram Menstruasi, Apa Penyebabnya?

Perut terasa kejang, nyeri sehingga tidak nyaman beraktivitas saat menstruasi? Sekalipun hal ini relatif wajar, tetapi tidak berarti semua cewek harus mengalaminya.

Sociolife

Diputusin Tanpa Sebab yang Jelas

Jelas atau gak jelas sebabnya, diputusin pacar itu bikin hidup berantakan. Nyeri perut saat menstruasi dan sakit gigi pun gak bisa ngalahin. Bagaimana bisa hidup normal lagi?

Go With Thin!

Laurier Double Comfort, lebih TIPIS tapi menyerap maksimal seperti Maxi, sehingga tidak bocor. Tidak mengganjal dan lebih nyaman saat dipakai. Mudah dicuci dengan sedikit tenaga.

Match meter

Match Meter

Girls, cari tahu fashion style kamu di sini, biar makin mantep saat dandan dan tampil prima, karena tahu karakter dirimu.

Catalogue

Catalogue

Laurier untuk siang dan malam. Tipis dan berdaya serap tinggi. Aman dan aktivitas jadi tak terganggu.

ask dr. Laurier

Jangan ragu bertanya pada dr. Laurier

Ingin tahu seputar kesehatan reproduksi dan masalah menstruasi yang kamu alami? Dapatkan jawabannya langsung ke email kamu

Fact of Period

Monthly Basic

Setiap perempuan mengalami menstruasi kurang lebih 400 kali, sejak mendapatkan menstruasi pertama, selama hidupnya.

Health Dictionary

Know Them Well

A - Z istilah kesehatan perempuan, yang perlu diketahui.

Best Friend Reward

Easy to Get

Siapa cepat, dia dapat! Ungkapan cinta Laurier pada para sahabat.

Zodiac

Scorpio

Gak usah buru-buru mastiin perasaan di antara kalian. Lebih baik nikmati dulu kebersamaan yang ada.

Happy Friends

Cindy Aisyah Firdiah, Tangerang

Laurier pilihan mama, pas aku pertama kali menstruasi. Laurier nyaman, dan mudah dibersihkan.