Rambut Yang Lain


 

Jangan kaget, seiring datangnya pubertas, bakal banyak ‘rambut’ yang tumbuh di bagian-bagian tubuh kita. Salah satunya adalah rambut yang tumbuh di alat genital, atau sering disebut pubic hair. Banyak yang bilang kalau rambut yang satu ini mesti kita singkirkan alias cukur. Betul nggak sih?

Pertumbuhan pubic hair terjadi pada setiap orang, baik cewek maupun cowok. Biasanya pubic hair tumbuh pertama kali saat seseorang berusia 10-11 tahun, kadar kelebatannya berbeda pada tiap orang. Faktor yang mempengaruhi kelebatan itu adalah hormon testosteron dan androgen. Karena produksi kedua hormon tersebut pada cowok lebih banyak daripada cewek, pubic hair cowok lebih lebat dan ditemukan di beberapa bagian alat genitalnya. Faktor genetik pun berpengaruh. Misalnya, sejumlah bangsa tertentu, seperti Italia, Yunani atau Arab, secara genetik memang lebih ‘berbulu’ ketimbang bangsa lain.

  • Semua yang ada pada tubuh kita tentu berguna, demikian juga pubic hair. Fungsi pubic hair adalah melindungi vagina dari gesekan langsung benda-benda asing di luar tubuh.
  • Semakin lama, pubic hair akan makin tebal tumbuh, terkadang mengganggu atau sering ‘nongol’ dari balik pakaian dalam. Hal inilah yang membuat sebagian orang ingin mencukurnya. Faktor lain yang mendorong orang merasa lebih baik mencukurnya adalah faktor higienis. Pubic hair yang sangat lebat, membuat vagina cenderung lembap dan bakteri bakal betah bersarang di sana. (Makanya, penting banget buat kita tetap menjaga kebersihan pubic hair, terutama pada saat menstruasi).
  • Tapi perlu juga kita ingat bahwa mencukur pubic hair, memicu pertumbuhannya akan semakin cepat dan lebat, sehingga kita harus rutin mencukurnya. Selain itu, setelah mencukurnya sampai bersih, pori-pori kulit di area tersebut akan terlihat menonjol dan berbintik merah. Ini hal yang wajar kok, karena area ini memang sangat sensitif. Setelah ini, saat akan kembali tumbuh, pubic hair akan terasa gatal.
  • Pilihan terbaik yang bisa kita lakukan adalah menggunting pubic hair supaya nggak terlalu lebat dan panjang. Tapi hati-hati, ya! Pakai gunting bayi berujung tumpul. Selain menjaga kebersihan, menggunting pubic hair juga mencegahnya tampil tak berarturan, seperti “menyelinap” keluar saat kita memakai baju renang. Uh, malu kan?

Related Articles

Reproductive Health

Siklus Tak Teratur, Gejala Kanker Ovarium

Para peneliti menemukan pada perempuan berusia produktif, siklus menstruasi tidak teratur menandakan risiko kanker ovarium.

Fact of Period

Menstrual Diary

Aplikasi praktis yang memberi informasi akurat tentang siklus menstruasi, dan berbagai gejala PMS

Sex

Info Praktis Tentang Pembalut

Sahabat ketika cewek menstruasi ini perlu diperlakukan secara tepat agar dapat dirasakan manfaatnya secara optimal.

Sociolife

Semangat di Kelas Baru

Kembali ke sekolah. Sekolah baru, kelas baru... Semangat juga baru dong. Kita kan harus segera siap-siap UTS kan girls!

Laurier Double Comfort

Nyaman Jadi Cewek dengan Daya Serap EXTRA MAXI. QuickLock System-nya menyerap dan mengunci cairan seketika, tidak bocor! Tipis serta mudah dicuci…

Match meter

Match Meter

Girls, cari tahu fashion style kamu di sini, biar makin mantep saat dandan dan tampil prima, karena tahu karakter dirimu.

Catalogue

Catalogue

Laurier untuk siang dan malam. Tipis dan berdaya serap tinggi. Aman dan aktivitas jadi tak terganggu.

ask dr. Laurier

Jangan ragu bertanya pada dr. Laurier

Ingin tahu seputar kesehatan reproduksi dan masalah menstruasi yang kamu alami? Dapatkan jawabannya langsung ke email kamu

Fact of Period

Hitung Siklus

Aplikasi praktis yang memberi informasi akurat tentang siklus menstruasi, dan berbagai gejala PMS

Health Dictionary

Know Them Well

A - Z istilah kesehatan perempuan, yang perlu diketahui.

Best Friend Reward

Easy to Get

Siapa cepat, dia dapat! Ungkapan cinta Laurier pada para sahabat.

Zodiac

Leo

Sahabat ada yang lagi bete tuh. Yuuuk hibur dan bikin dia senyum lagi. Ajak dia hangout bareng, pokoknya seseruan dan bikin mood-nya kembali oke.

Happy Friends

Cinthia Yulianti

Aku punya pengalaman berganti-ganti pembalut... hingga menemukan Laurier Super Slimguard..