Uuugh, Gak Teratur!


Jadwal dan siklus menstruasimu nggak teratur? Nggak perlu khawatir. Percaya atau nggak, ternyata memang dibutuhkan waktu hingga 3 tahun sejak pertama kali menstruasi, sampai tubuh kita memiliki siklus yang reguler. Siklus menstruasi yang dialami setiap cewek pun berbeda, dari 21 sampai 45 hari. Kamu bagaimana?

Salah satu penyebab menstruasi yang nggak teratur adalah perubahan produksi kadar hormon tubuh kita. Nggak heran kan kalau waktu menstruasi kita bisa lebih cepat 2 atau 3 hari, serta mungkin terlambat 7 hari.

Ssst.. jangan panik juga kalau kamu bahkan nggak mendapat menstruasi sampai beberapa bulan, atau menstruasi dengan jarak siklus yang sangat berdekatan. Atau, kadang banyak banget, kadang malah super sedikit, plus masalah-masalah lain. Hal lain yang mungkin membuat siklus menstruasimu kacau adalah olahraga yang sangat berlebih, stres, atau diet.

Tapi, meskipun buat cewek seusia kita, siklus menstruasi yang nggak teratur itu wajar, tetap lho ada hal-hal yang penting diperhatikan. Kalau kamu berhenti mendapatkan menstruasi atau semakin jarang mens, padahal siklusmu pernah cukup teratur selama minimal 6 bulan, segera lapor sama mama. Kondisi ini membutuhkan penanganan dokter.

Ada kemungkinan kamu mengalami ketidakseimbangan nutrisi atau ketidakseimbangan hormon. Kalau dibiarkan, kondisi ini bakal berakibat buruk buat tubuhmu nanti. Jadi, jangan dianggap remeh ya…

Masalah lain yang juga mesti diperhatikan adalah kalau kamu mengalami menstruasi yang sangat banyak dalam waktu yang panjang, apalagi kalau biasanya siklus menstruasimu pendek. Kondisi ini juga perlu diperhatikan, karena terlalu banyak mengeluarkan darah, membuat kamu berisiko mengalami anemia atau kurang darah.

Hmm… mudah-mudahan siklusmu yang nggak teratur itu bukan termasuk yang dua tadi, ya. Tapi selalu ingat kalau siklus yang belum teratur ini nih yang bikin kamu sebaiknya membawa terus pembalutmu saat bepergian kemana pun, meski jadwal menstruasimu masih jauh. Sedia payung sebelum hujan!!!

Related Articles

Reproductive Health

Diet Mengurangi Gejala Endometriosis

Pola makan diketahui dapat membantu proses pemulihan endometriosis. Terutama meminimalkan nyeri yang dirasakan setiap kali pengidap mengalami menstruasi.

Fact of Period

Fact of Period

Setiap perempuan mengalami menstruasi kurang lebih 400 kali, sejak mendapatkan menstruasi pertama, selama hidupnya.

Sex

Siklus Teratur atau Tidak Teratur?

Selama masa puber, wajar jika siklus menstruasi belum teratur. Tetapi setelah melewati akhir usia 18 tahun, menstruasi seharusnya sudah teratur..

Sociolife

Kondisi Fisik, Jangan Dijadikan Candaan

Dalam pergaulan, kondisi fisik seseorang yang tidak umum, cenderung menjadi bahan olok-olok. Hal yang sebaiknya dihindari karena mengganggu rasa percaya diri seseorang.

Go With Thin!

Laurier Double Comfort, lebih TIPIS tapi menyerap maksimal seperti Maxi, sehingga tidak bocor. Tidak mengganjal dan lebih nyaman saat dipakai. Mudah dicuci dengan sedikit tenaga.

Match meter

Match Meter

Girls, cari tahu fashion style kamu di sini, biar makin mantep saat dandan dan tampil prima, karena tahu karakter dirimu.

Catalogue

Catalogue

Laurier untuk siang dan malam. Tipis dan berdaya serap tinggi. Aman dan aktivitas jadi tak terganggu.

ask dr. Laurier

Jangan ragu bertanya pada dr. Laurier

Ingin tahu seputar kesehatan reproduksi dan masalah menstruasi yang kamu alami? Dapatkan jawabannya langsung ke email kamu

Fact of Period

Monthly Basic

Setiap perempuan mengalami menstruasi kurang lebih 400 kali, sejak mendapatkan menstruasi pertama, selama hidupnya.

Health Dictionary

Know Them Well

A - Z istilah kesehatan perempuan, yang perlu diketahui.

Best Friend Reward

Easy to Get

Siapa cepat, dia dapat! Ungkapan cinta Laurier pada para sahabat.

Zodiac

Scorpio

Sediakan waktumu untuk membantu sodara atau teman yang lagi ribet sama masalahnya. Setidaknya, temani dan kalo mungkin buat dia tersenyum.

Happy Friends

Cindy Aisyah Firdiah, Tangerang

Laurier pilihan mama, pas aku pertama kali menstruasi. Laurier nyaman, dan mudah dibersihkan.