Penebalan Dinding Rahim



Gejala penebalan dinding rahim atau hiperplasia endometrium ini biasanya diawali dengan siklus menstruasi yang tidak teratur, bahkan terkadang menstruasi tak kunjung datang dalam jangka waktu yang lama. Bisa juga menstruasi terjadi terus-menerus dan volume darah banyak. Selain itu, penderita Hiperplasia endometrium sering menemukan noda-noda darah di pakaian dalam.

Jika dibiarkan berlarut-larut akan muncul gangguan sakit kepala, mudah lelah, serta tidak bergairah saat beraktivitas. Dampak yang paling parah, selain sulit hamil, penderita Hiperplasia endometrium mengalami anemia berat. Hubungan suami-istri pun terganggu karena perdarahan tak kunjung berhenti.

Penebalan lapisan dinding dalam rahim dapat terjadi karena peningkatan kadar hormon estrogen. Peningkatan estrogen dipicu oleh pertumbuhan kista. Pada kasus lain, penebalan dinding rahim juga terjadi karena faktor ketidakseimbangan hormonal, ketika peningkatan hormon estrogen tak diimbangi oleh peningkatan progesteron.

Kondisi ini juga biasanya dialami oleh wanita yang bertubuh gemuk karena produksi estrogennya berlebihan. Hiperplasia endometrium dapat dialami siapa pun, baik perempuan yang telah melahirkan ataupun belum.

Terjadinya penebalan dinding rahim biasanya hanya bisa diketahui oleh dokter setelah melakukan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Namun untuk memastikannya perlu dilakukan kuratase.

Hasil kuretan dinding rahim akan dikirim ke bagian patologi anatomi untuk didiagnosa.

Berdasarkan kajian medis, penebalan dinding rahim ini dibedakan menjadi 3 kategori:

  • Simplek. Penderita dengan kondisi ini tak perlu cemas berlebihan karena Hiperplasia simplek tergolong ringan dan takkan berakhir dengan keganasan sehingga penderita tetap masih bisa hamil.
  • Kistik. Seperti halnya simplek, kasus ini tak berbahaya.
  • Atipik. Kondisi yang satu ini mesti diwaspadai. Atipik cenderung merupakan cikal bakal kanker.

Pengobatan yang bisa ditempuh adalah:

  • Tindakan kuratase selain untuk menegakkan diagnosa sekaligus sebagai terapi untuk menghentikan perdarahan.
  • Terapi hormon untuk menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh. Namun perlu diketahui kemungkinan efek samping yang bisa terjadi, di antaranya mual, muntah, pusing, dan lainnya. Rata-rata setelah menjalani terapi hormonal sekitar 3-4 bulan, gangguan penebalan dinding rahim sudah bisa diatasi. Jika pengobatan hormonal yang dijalani tak juga menghasilkan perbaikan, terapi akan dilanjutkan dengan obat lain.

Related Articles

Reproductive Health

Alergi Kulit di Sekitar Vagina

Tidak terjadi infeksi di saluran vagina, tapi kulit terasa gatal? Bahkan terjadi di saat sedang tidak menstruasi? Bisa jadi ini pertanda alergi.

Fact of Period

Fact of Period

Setiap wanita akan mengalami menstruasi kurang lebih sebanyak 400 kali, sejak wanita tersebut mendapatkan menstruasi pertama, selama hidupnya!

Sex

Kendalikan Ngemil Pra-Menstruasi

Cokelat, makanan manis, atau keripik kentang seringkali diidamkan menjelang menstruasi. Mengapa demikian?

Sociolife

Malu Membeli Pembalut Sendiri

Gak ada yang ngetawain sih, tapi rasanya risih aja kalo membeli pembalut. Sepertinya orang tahu kita lagi menstruasi.

Go With Thin!

Laurier Double Comfort, lebih TIPIS tapi menyerap maksimal seperti Maxi, sehingga tidak bocor. Tidak mengganjal dan lebih nyaman saat dipakai. Mudah dicuci dengan sedikit tenaga.

Match meter

Match Meter

Girls, cari tahu fashion style kamu di sini, biar makin mantep saat dandan dan tampil prima, karena tahu karakter dirimu.

Catalogue

Catalogue

Laurier untuk siang dan malam. Tipis dan berdaya serap tinggi. Aman dan aktivitas jadi tak terganggu.

ask dr. Laurier

Jangan ragu bertanya pada dr. Laurier

Ingin tahu seputar kesehatan reproduksi dan masalah menstruasi yang kamu alami? Dapatkan jawabannya langsung ke email kamu

Fact of Period

Monthly Basic

Setiap wanita akan mengalami menstruasi kurang lebih sebanyak 400 kali, sejak wanita tersebut mendapatkan menstruasi pertama, selama hidupnya!

Health Dictionary

Know Them Well

A - Z istilah kesehatan perempuan, yang perlu diketahui.

Best Friend Reward

Easy to Get

Siapa cepat, dia dapat! Ungkapan cinta Laurier pada para sahabat.

Zodiac

Leo

Kamu suka banget melakukan hal yang menyenangkan. Bagusnya kamu juga bisa ngebagi waktu antara belajar dan bermain. Alhasil ortu percaya sama kamu. Good girl!

Happy Friends

Cindy Aisyah Firdiah, Tangerang

Laurier pilihan mama, pas aku pertama kali menstruasi. Laurier nyaman, dan mudah dibersihkan.