Nutrisi Agar Menstruasi Lancar

Proses perubahan seorang cewe menjadi perempuan dewasa, dikenal sebagai masa puber. Masa ini dimulai berbeda-beda pada tiap cewe, tapi rata-rata dimulai antara usia 9 - 15 tahun. Tetapi semuanya akan berhenti pada akhir usia 18 tahun. Sepanjang masa tersebut, mulai terlihat perubahan pada cewe; pembesaran payudara dan pinggul, tumbuh bulu tubuh, menjadi lebih sensitif, tertarik pada lawan jenis, hingga mengalami menstruasi yang menandakan sistem reproduksi telah matang.

Perubahan-perubahan tersebut dipengaruhi oleh hormon-hormon, di antaranya hormon LH/ Luteinising dan hormon FSH/ Follicel Stimulating, hormon yang membuat tinggi badan bertambah, dan estrogen, yang hanya dimiliki perempuan untuk merangsang pertumbuhan organ seks dan reproduksi.

Nah, agar hormon dalam tubuh dapat bekerja optimal maka diperlukan asupan nutrisi-nutrisi penting, yaitu:

  • Zat besi. Berguna untuk menggantikan sel darah yang hilang selama menstruasi. Zat besi dapat diperoleh dari jenis makanan seperti; gandum, kacang-kacangan, daging, dan ikan.
  • Kalsium. Dibutuhkan tubuh untuk membentuk tulang. Agar terhindar dari gejala osteoporosis dikemudian hari, maka kalsium sangat dibutuhkan selama masa puber. Selain Susu, yogurt dan keju, kalsium juga ada pada sayuran hijau.
  • Protein. Selama masa pertumbuhan, protein dibutuhkan untuk membentuk otot dan jaringan tubuh. Sehingga cewe bisa lincah beraktivitas setiap hari. Tahu, tempe, telur, ikan, dan daging adalah jenis makanan yang banyak mengandung protein.
  • Lemak. Mengonsumsi lemak dalam jumlah yang tepat juga sangat dibutuhkan selama masa puber. Karena lemak adalah sumber energi dalam tubuh. Sumber lemak dapat diperoleh pada kacang-kacangan, salmon, dan minyak zaitun.

So girls, biar pertumbuhanmu lancar, jangan pilih-pilih makanan ya. Pastiin kamu makan semua makanan di atas, biar pertumbuhanmu berlangsung baik dan menstruasimu pun jadi lancar.

Related Articles

Reproductive Health

Menjaga Kesehatan Reproduksi

Kesehatan reproduksi berhubungan dengan kesehatan secara umum. Jika sehat, kemungkinan terjadinya kehamilan yang direncanakan relatif besar.

Fact of Period

Fact of Period

Setiap perempuan mengalami menstruasi kurang lebih 400 kali, sejak mendapatkan menstruasi pertama, selama hidupnya.

Sex

Tepat Menangani Pembalut

Benda ini relatif akrab dengan kita, tetapi sudah benarkah kita memerlakukannya? Cek keterangan lengkap ini.

Sociolife

Bijak Mengelola Uang

Bingung mengelola uang saku? Bikin catatan sederhana untuk mengaturnya. Sehingga tahu total pengeluaran, dan kemudian mengontrolnya.

Thin Is In

Laurier Super Slimguard.
Hanya 1 mm, tipis banget, berdaya serap kuat. Kamu tetap bisa bergerak bebas dan tampil maksimal. Jadikan Laurier Super Slimguard pilihanmu.

Match meter

Match Meter

Girls, cari tahu fashion style kamu di sini, biar makin mantep saat dandan dan tampil prima, karena tahu karakter dirimu.

Catalogue

Catalogue

Laurier untuk siang dan malam. Tipis dan berdaya serap tinggi. Aman dan aktivitas jadi tak terganggu.

ask dr. Laurier

Jangan ragu bertanya pada dr. Laurier

Ingin tahu seputar kesehatan reproduksi dan masalah menstruasi yang kamu alami? Dapatkan jawabannya langsung ke email kamu

Fact of Period

Monthly Basic

Setiap perempuan mengalami menstruasi kurang lebih 400 kali, sejak mendapatkan menstruasi pertama, selama hidupnya.

Health Dictionary

Know Them Well

A - Z istilah kesehatan perempuan, yang perlu diketahui.

Best Friend Reward

Easy to Get

Siapa cepat, dia dapat! Ungkapan cinta Laurier pada para sahabat.

Zodiac

Taurus

Yeeay! Sebentar lagi kamu ulang tahun, gak heran perhatian orang-orang tertuju padamu. Cheeeers!

Happy Friends

Cinthia Yulianti

Aku punya pengalaman berganti-ganti pembalut, untuk menemukan pembalut yang pas, karena kulitku sensitif.. hingga menemukan Laurier Super Slimguard..