Menu

Sex

Nutrisi Agar Menstruasi Lancar

Proses perubahan seorang cewe menjadi perempuan dewasa, dikenal sebagai masa puber. Masa ini dimulai berbeda-beda pada tiap cewe, tapi rata-rata dimulai antara usia 9 - 15 tahun. Tetapi semuanya akan berhenti pada akhir usia 18 tahun. Sepanjang masa tersebut, mulai terlihat perubahan pada cewe; pembesaran payudara dan pinggul, tumbuh bulu tubuh, menjadi lebih sensitif, tertarik pada lawan jenis, hingga mengalami menstruasi yang menandakan sistem reproduksi telah matang.

Perubahan-perubahan tersebut dipengaruhi oleh hormon-hormon, di antaranya hormon LH/ Luteinising dan hormon FSH/ Follicel Stimulating, hormon yang membuat tinggi badan bertambah, dan estrogen, yang hanya dimiliki perempuan untuk merangsang pertumbuhan organ seks dan reproduksi.

Nah, agar hormon dalam tubuh dapat bekerja optimal maka diperlukan asupan nutrisi-nutrisi penting, yaitu:

  • Zat besi. Berguna untuk menggantikan sel darah yang hilang selama menstruasi. Zat besi dapat diperoleh dari jenis makanan seperti; gandum, kacang-kacangan, daging, dan ikan.
  • Kalsium. Dibutuhkan tubuh untuk membentuk tulang. Agar terhindar dari gejala osteoporosis dikemudian hari, maka kalsium sangat dibutuhkan selama masa puber. Selain Susu, yogurt dan keju, kalsium juga ada pada sayuran hijau.
  • Protein. Selama masa pertumbuhan, protein dibutuhkan untuk membentuk otot dan jaringan tubuh. Sehingga cewe bisa lincah beraktivitas setiap hari. Tahu, tempe, telur, ikan, dan daging adalah jenis makanan yang banyak mengandung protein.
  • Lemak. Mengonsumsi lemak dalam jumlah yang tepat juga sangat dibutuhkan selama masa puber. Karena lemak adalah sumber energi dalam tubuh. Sumber lemak dapat diperoleh pada kacang-kacangan, salmon, dan minyak zaitun.

So girls, biar pertumbuhanmu lancar, jangan pilih-pilih makanan ya. Pastiin kamu makan semua makanan di atas, biar pertumbuhanmu berlangsung baik dan menstruasimu pun jadi lancar.

Related Articles