Menu

Sex

Jerawat yang Bikin Kesal Saat Menstruasi

Jerawatan saat menstruasiBete.. bete.. bete! Tiba-tiba aja muka diserang jerawat, kalo dilihat-lihat, datengnya pas menstruasi. Kalo gini kan jadi gak pede. Tenang.. tenang… mending kita cari tahu penyebabnya.

Setiap menjelang menstruasi terjadi perubahan hormon dalam tubuh kita. Hal ini mempengaruhi kerja kelenjar minyak; produksi minyak jadi lebih banyak. Udah gitu di tambah sel kulit mati yang menumpuk dan menyumbat pori-pori. Alhasil terjadi peradangan dan infeksi pada kulit yang dinamakan jerawat.
Jerawat menstruasi ini biasanya akan hilang bebarengan sama selesainya menstruasi. Jadi masih tetep aman kan!

Berikut tips mencegah timbulnya jerawat saat menstruasi :

  • Cuci muka. Selalu jaga kebersihan kulit muka, at least… setelah pulang hangout langsung deh cuci muka pake sabun antibakteri.
  • Atur pola makan. Lebih baik tambah porsi menu ikan seperti salmon dan ikan tuna yang mengandung omega3. Nutrisi ini bagus untuk kesehatan kulit.
  • Mengonsumsi sayur dan buah. Salah satunya adalah mentimun, jenis sayur ini di percaya bisa mencegah timbulnya jerawat saat menstruasi. Cukup dipotong-potong trus dicocolin ke sambel rujak hmmm… yumm! Atau bisa juga dibuatkan jus.
  • Masker tradisional. Sebelum tidur oleskan Jeruk nipis (Citrus aurantium) ke wajah, lalu pada pagi hari setelah bangun tidur baru deh di bersihin. Hal yang sama juga dapat dilakukan dengan buah tomat (Solanum lycopersicum). Nah… resep warisan nenek moyang ini pasti ampuh tuh buat ngilangin jerawat. Coba aja!

Ayoo… saatnya mulai aware sama kesehatan kulit, biar gak di serang sama yang namanya jerawat. Lets start from now girls!

Related Articles