Menu

Sociolife

Agar Disayang Adik

Jadi kakak yang baik berarti menyediakan diri sebagai contoh bagi adik. Lakukanlah hal itu dengan benar, dan tetap "hangat" agar makin disayang adik.

Saling menghargai. Usia adik memang lebih muda, tapi bukan berarti kita tidak menghargainya. Perlakukanlah adik dengan adil, maka kita pun akan diperlakukan adil olehnya. Jadinya kita bisa menjaga batasan masing-masing, dan gak mudah berantem.

Berlaku pantas. Tidak mudah memang selalu bersikap manis, terutama saat sedang kesal. Tapi paling tidak kita ingat bahwa kita harus selalu bertanggung jawab. Sikap kita ini akan menjadi contoh bagi adik.  Jadi, saat akan marah ingatlah bahwa perilaku kita akan diamati dan dicontoh oleh adik.

Tak segan minta maaf. Saat kita berbuat salah, jangan sungkan mengakui kesalahan dan minta maaf. Terlebih jika kita menyakiti hatinya. Jika hal ini jadi standar perilaku kita, maka Adik akan melakukan yang sama, dan kita mudah akur dengannya.

Belajar serius. Sebagai anak, tugas utama kita adalah belajar. Jadi, lakukanlah hal itu dengan sungguh-sungguh. Sehingga adik pun akan melakukan hal yang sama. Apalagi jika kita bisa membantunya memahami pelajaran, dan memecahkan tugas-tugasnya yang pelik.

Sebenarnya, jika kita melakukan hal-hal di atas, bukan hanya adik yang akan sayang pada kita. Mama dan papa juga akan semakin sayang, karena kita bisa menjaga hubungan dan berperan jadi kakak yang baik. Be a good girl!

Related Articles