Menu

Sex

Seberapa Sering Cewek Alami Menstruasi?

Menstruasi akan dialami semua cewek yang sehat jika sistem reproduksinya telah matang. Namun sebagaimana halnya menstruasi pertama dialami setiap cewek berbeda-beda, maka kekerapan atau frekuensi berulangnya menstruasi setiap cewek juga berbeda-beda. Hal ini disebabkan karena setiap cewek adalah individu yang unik.

Berapa sering seorang cewek mengalami menstruasi, akan terjawab jika kita mengetahui siklus menstruasinya. Siklus menstruasi ini adalah jarak waktu terjadinya menstruasi ke menstruasi berikutnya. Jarak waktu ini dihitung sejak hari pertama menstruasi ke hari pertama menstruasi berikutnya.

Jadi misalnya pada bulan Juni seorang cewek mengalami menstruasi hari pertama pada tanggal 10, dan pada bulan Juli hari pertama menstruasinya tepat pada tanggal 14, maka jarak waktu menstruasi atau siklus menstruasi cewek itu adalah 34 hari. Ini berarti setiap 34 hari, cewek tersebut akan mengalami menstruasi.

Jika dihitung dalam kurun waktu setahun, 365:34 maka cewek itu akan mengalami menstruasi sebanyak 10 kali. Jelaslah tidak 12 kali sebanyak bulan dalam setahun kan! Benar. Menstruasi pada dasarnya tidak terjadi setiap bulan, melainkan setiap siklus. Jika rumusan tadi diterapkan pada cewek yang memilik siklus menstruasi 25 hari, maka 365:25 adalah 14. Lebih dari jumlah bulan dalam setahun, bukan?!

Berdasarkan data medis, siklus menstruasi seorang cewek yang normal bervariasi antara 15 hari (paling pendek) hingga 45 hari (paling panjang). Namun kebanyakan mengalami menstruasi antara 25 - 35 hari. 

Hal lain lain yang penting diperhatikan adalah pada usia remaja, hingga melewati usia akhir 18 tahun, sangat wajar jika siklus menstruasi seorang cewek belum berlangsung sesuai siklus yang tetap. Kondisi ini disebabkan karena cewek masih mengalami proses pertumbuhan fisik, sehingga sistem reproduksi belum dapat mengatur menstruasi yang berulang secara tetap.

Jaga kesehatan selalu prima, dengan hidup sehat; konsumsi makanan bernutrisi, istirahat cukup dan rutin berolahraga, agar seluruh proses pertumbuhanmu berlangsung baik, sehingga menstruasimu akan berlangsung secara teratur.

Related Articles