Menu

Sex

Cermat Mengatasi Tembus

Di usia remaja, akibat produksi hormon reproduksi belum seimbang, volume darah saat menstruasipun bisa jadi tidak stabil. Terkadang sedikit, atau sebaliknya deras dan sangat banyak. So, tak heran jika selalu ada risiko mengalami tembus, sekalipun kita sudah berjaga-jaga siap mengalami menstruasi. Lalu... jika hal ini terjadi, apakah yang dapat dilakukan?

  • Segera ganti. Jika berada di rumah, pakaian yang terkena noda darah sebaiknya segera direndam agar noda memudar
  • Jika berada di sekolah, minta tolong teman menutupi tembusmu, lalu pergi ke toilet.
  • Cuci noda menstruasi yang menempel di rok atau celana dengan air dingin agar noda darah terurai. Jangan pakai air panas, karena justru akan mengikat noda darah di kain dan sulit hilang.
  • Jika kamu atau teman mengenakan cardigan atau sweater, lingkarkan cardigan atau sweater di pinggang untuk menutupi rok yang bernoda dan masih basah itu.

Jadi, tetap tenang saat kamu mengalami tembus di sekolah. Jika panik, kamu justru gak akan bisa berpikir untuk mengatasi kondisimu. Tak perlu malu juga, karena menstruasi sebenarnya adalah tanda tubuh dan pertumbuhanmu berlangsung sehat, dan semua cewek pasti pernah mengalami kondisi ini. Jadi... kamu gak aneh kok.

Related Articles