Menu

Reproductive Health

5 Cara Mengatasi Nyeri PMS

Nyeri yang dialami ketika menstruasi, tidak hanya pada perut. Bisa dirasakan di punggung bagian bawah, pinggang, bahkan paha atas. Lakukan salah satu dari 5 cara ini untuk meredakannya.

  1. Botol air panas. Kompresan panas, baik dengan botol atau kantong air panas, diketahui bisa meredakan ketegangan otot. Lakukan ini jika Anda berada di rumah, terutama menjelang tidur malam, agar istirahat Anda optimal.
  2. Pil pereda nyeri. Jika nyeri tidak tertahankan, dan Anda sedang berada di luar rumah, atau harus melakukan aktivitas maka para ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi obat pereda nyeri, yang dibuat khusus untuk meredakan nyeri menstruasi. Jangan mengonsumsi obat saat perut kosong, setidaknya sepotong biskuit cukup untuk menyiapkan tubuh menerima obat. Selain itu, ikuti aturan penggunaan obat yang tertera pada kemasan, agar obat bekerja optimal meredakan nyeri.
  3. Olahraga. Tidak semua orang nyaman berolahraga saat menstruasi, tetapi pada kenyataannya, menstruasi bisa meredakan PMS dan meningkatkan mood. Setelah berolahraga Anda akan merasa lebih segar, sehingga hari-hari menstruasi tidak dijalani dengan lemas.
  4. Makanan tepat. Mengemil dark chocolate yang kaya akan magnesium, akan sangat membantu meredakan ketegangan otot perut. Sehingga dapat meredakan nyeri. Selain magnesium, ada beberapa jenis vitamin dan mineral yang dapat membantu tubuh mengatasi nyeri menstruasi, yaitu; mangan dan kalsium. Jenis makanan yang mengandung kedua unsur nutrisi tersebut adalah avokad, pisang dan yogurt. Jika ketiga bahan ini dicampur, bisa menjadi smoothie yang lezat!
  5. Tidur. Beristirahat menjadi hal penting pada saat menstruasi. Tidur adalah cara tubuh memulihkan diri. Setelah cukup tidur, nyeri akan mereda, karena pertahanan tubuh merespons nyeri meningkat.

Sekalipun sederhana, cara-cara di atas ini sangat ampuh meredakan nyeri saat PMS. Anda dapat melakukan hanya 1 atau sekaligus semuanya, sesuai kebutuhan Anda.

Related Articles