Menu

Reproductive Health

Kemampuan Mengingat Sepanjang Siklus Menstruasi

Fluktuasi kadar hormon sepanjang siklus menstruasi, diketahui memengaruhi daya ingat. Sangat tajam di suatu periode, kemudian melemah di periode lain. Jika pola ini dikenal dengan baik, kita bisa menggunakannya untuk mengoptimalkan performa kerja kita.

Selama menstruasi: Semakin menguat
Siklus menstruasi diawali sejak hari pertama menstruasi dimulai. Beberapa hari di minggu pertama ini, perempuan rata-rata akan merasakan dirinya sulit mengingat. Kondisi ini dipengaruhi oleh rendahnya kadar estrogen di dalam tubuh, selain kehilangan zat besi yang keluar bersama darah menstruasi sekalipun sangat sedikit, akan menciptakan kelelahan mental. Namun, segera setelah kadar estrogen meningkat, daya kerja otak kembali baik, sehingga gangguan daya ingat itu akan segera teratasi. Kita bahkan bisa mengingat dengan cepat berbagai hal saat dibutuhkan.

Menjelang dan masa subur: Otak bekerja cepat
Ini adalah periode yang sangat tepat untuk menunjukkan kemampuan. Kadar estrogen yang semakin meningkat, membuat otak bekerja optimal. Perempuan berpikir sangat cermat, dan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan sangat baik pada periode ini. Otak dapat menyerap berbagai informasi dengan cepat, ini adalah saat yang tepat untuk mempelajari berbagai hal baru.

Setelah masa subur: Mulai melemah
Setelah melewati  masa subur, ketika kadar estrogen mulai turun, dan produksi progesteron meningkat, maka seringkali dibutuhkan beberapa saat untuk mengingat sesuatu. Penjelasan kita bisa tiba-tiba terputus karena kita tidak bisa mengingat dengan baik hal yang akan kita jelaskan. Jadi, sebaiknya atur jadwal agar presentasi atau pertemuan bisnis tidak dilakukan pada periode ini.

Menjelang menstruasi: Sangat sulit mengingat
Pernah melihat film kartun tentang aktivitas seorang profesor, yang terlihat linglung karena melupakan banyak hal? Seperti itulah kondisi perempuan pada minggu menjelang menstruasi. Perempuan menjadi tidak mudah mengingat, bukan hanya isi resep yang rumit. Karena kadar estrogen yang sangat rendah memengaruhi kerja short term memory, maka kunci mobil yang baru saja diletakkan cenderung sulit ditemukan. Agar terhindar dari kejadian-kejadian konyol pada minggu menjelang menstruasi, sebaiknya buat catatan tentang hal-hal rutin, agar aktivitas dapat berjalan normal.

Setelah tahu pola kerja memori, sekarang kita tentu lebih siap mengantisipasinya. Be aware, girls!

Related Articles