Menu

Reproductive Health

Bercak Saat Berolahraga

Menstruasi telah selesai beberapa hari lalu, tiba-tiba setelah menyelesaikan joging di threadmill pagi ini, Anda menemukan bercak darah. Apakah kembali mengalami menstruasi? Darah apakah itu? Apakah hal itu merupakan gejala yang terjadi karena kita terlalu banyak berolahraga?

Tenang. Hal ini tidak hanya dialami oleh Anda sendiri. Sebagian besar perempuan mengalami bercak-bercak di luar periode menstruasi, dan kondisi ini terkategori wajar. Bukan gejala gangguan kesehatan tertentu.

  1. Tergantung berapa lama menstruasi berlangsung. Jika menstruasi berlangsung 4 hari, dan bercak-bercak berlangsung dua hari setelah menstruasi selesai, berarti 4 hari, jeda 2 hari, kemudian mengalami bercak pada hari ke 3 setelah menstruasi; maka secara total hingga bercak keluar adalah 7 hari. Berdasarkan fakta medis, menstruasi yang normal berlangsung antara 3 hingga 10 hari. Jadi jika dalam rentang waktu tersebut masih terlihat bercak darah, sebenarnya masih terkategori wajar. Kondisi baru terkategori tidak wajar, jika bercak darah keluar setelah 10 hari terhitung sejak hari pertama menstruasi.
  2. Penyebab lain yang paling sering menyebabkan bercak-bercak setelah menstruasi, adalah penggunaan pil kontrasepsi. Hal ini dijelaskan dalam buku A Woman's Guide to Sexual Health, yang ditulis oleh Dr. Mary Jane Merkin. Dijelaskan bahwa pada awal penggunaan pil kontrasepsi, sangat wajar seorang perempuan mengalami bercak-bercak di luar periode menstruasi. Tapi jika bercak-bercak itu berlanjut hingga beberapa bulan, sebaiknya diperiksakan ke dokter karena bisa saja pil kontrasepsi perlu diganti.

Hal terpenting yang perlu dipahami, masalah menstruasi yang berhubungan dengan olahraga berlebih adalah penundaan menstruasi, jadi bukan bercak-bercak setelah menstruasi. So, tak perlu cemas berolahraga saat menstruasi. Sebaliknya tetap beraktivitas fisik saat menstruasi membuat kita tetap segar.

Related Articles