Menu

Reproductive Health

3 Kesalahan Utama Menjelang Menstruasi

Data lembaga kesehatan dunia, WHO hingga akhir tahun lalu merujuk angka 50% perempuan berusia produktif mengalami PMS yang relatif berat. Kondisi ini mulai ditanggapi serius di beberapa negara Eropa, karena terlihat memengaruhi produktivitas kerja. Tapi tahukah, bahwa gangguan PMS ini bisa semakin buruk, karena beberapa hal yang dilakukan tanpa disadari merupakan kesalahan?

Kesalahan ke-1: Tidak Cukup Tidur.
Saat menstruasi dan mengalami kram perut, dan gelisah akibat pikiran yang tegang; juga insomnia karena reaksi terhadap hormon, tidur malam merupakan hal yang tidak mudah dilakukan. Padahal saat kita tidur, tubuh memperbaiki seluruh sel yang rusak, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saat kita tidak tidur, yang terjadi sebaliknya; tubuh akan mengalami stres dan pembengkakan, juga membuat suasana hati tidak nyaman, akibatnya kondisi PMS semakin menjadi-jadi. Karenanya, perempuan sangat disarankan tidur 7 - 8 jam setiap hari, terlebih saat menstruasi.

Kesalahan ke-2: Tidak Berolahraga.
Selain meredakan ketengangan, mengeluarkan toksin dari tubuh dalam bentuk keringat, olahraga dapat meredakan kram dan meningkatkan kualitas tidur. Pusat studi kesehatan Universitas Maryland, di Amerika merekomendasikan agar perempuan berolahraga 30 menit, 5 hari dalam seminggu, bahkan ketika sedang menstruasi sekalipun. Penelitian sudah membuktikan bahwa, perempuan yang hanya sedikit atau tidak berolahraga sama sekali, cenderung mengalami PMS. Olahraga ringan seperti berenang, bersepeda atau jalan, dapat mengurangi nyeri menjelang dan saat menstruasi.

Kesalahan ke-3: Mengonsumsi Kopi Berlebih.
Mengantuk, lesu, dan sakit kepala, adalah alasan-alasan yang tepat untuk mengonsumsi kopi. Tetapi, kafein yang terkandung dalam kopi memicu kondisi tubuh kekurangan cairan, dan menyebabkan PMS memburuk. Membatasi konsumsi kopi juga teh selama menstruasi diketahui meredakan ketegangan, insomnia, dan kecemasan.

Ketiga kesalahan di atas berhubungan dengan pola hidup kita. Cobalah mengendalikan ketiga hal itu, sehingga kondisi PMS mereda.

Related Articles